METODE PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANAKIDAH AKHLAKKELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

AMIRUDIN SAMAI, NIM. 11470087 (2018) METODE PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANAKIDAH AKHLAKKELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANAKIDAH AKHLAKKELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
11470087_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANAKIDAH AKHLAKKELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
11470087_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penulis membuat penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap pembelajaran akhlak dan prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 1 Prambanan khususnya siswa kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan khususnya pada mata pelajaran akhlak serta apa saja faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat proses pembelajaran dan prestasi siswa di SMA Muhammadiyah 1 Prambanan, Yogyakarta Penelitian ini bersifat penelitian lapangan atau kualitatif dengan menjadikan SMA Muhammadiyah 1 Prambanan sebagai latar belakang masalahnya. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya penulis menggunakan teknik mereduksi data, penyajian data dan mengverikasi data atau menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian yang penulis teliti menunjukan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Prambanan dalam menggunakan metode dalam pembelajaran Akhlak masih banyak menggunakan metode tradisional yakni ceramah sehingga hasilnya tidak terlalu maksimal karena siswa banyak yang bosan karena siswa tidak terlalu di libatkan dalam proses pembelajaran. Selain metode atau juga hal-hal yang membuat hasil pembelajaran Akhlak di SMA Muhammadiyah 1 Prambanan ini adalah sangat minimnya buku pegangan atau paket baik itu guru maupun siswa sehingga dalam proses pembelajaran Akhlak tidak terlalu signifikan. Namun begitu, ada juga hal-hal yang baik yang bisa peneliti dapat yakni guru Pendidikan Agama Islam sangat sabar dan baik sehingga siswa tidak takut dalam kelas dan juga lingkungan sekolahnya yang strategis sehingga membuat nyaman dalam proses pembelajaran Kata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Nur Rohmah, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Mar 2019 08:53
Last Modified: 04 Mar 2019 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum