IMPLEMENTASI INTEGRASI KURIKULUM BAHASA ARAB ANTARA KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

Siti Khuzaimah, NIM. 14420001 (2018) IMPLEMENTASI INTEGRASI KURIKULUM BAHASA ARAB ANTARA KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI INTEGRASI KURIKULUM BAHASA ARAB ANTARA KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14420001_BAB_I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI INTEGRASI KURIKULUM BAHASA ARAB ANTARA KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14420001_BAB_II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi integrasi kurikulum bahasa Arab di kelas X MA dan pondok pesantren Nurul Ummah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang dilaksanakan di MA Nurul Ummah dan pondok pesantren Kotagede Yogyakarta. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kurikulum antara kurikulum 2013 dengan kurikulum pondok pesantren Nurul Ummah itu dibutuhkan. Integrasi tersebut dibutuhkan untuk menghindari tumpang tindihnya materi pelajaran bahasa Arab dikarenakan proses pembelajaran di sekolah hanya mempelajari teori nahwu shorof sedangkan di pondok pesantren hanya mempraktekkan nahwu shorof dengan cara membaca kitab kuning yang didampingi oleh ustadz. Namun, integrasi kurikulum ini terintegrasi dengan baik di asrama putra, sementara di asrama putri belum terintegrasi dengan baik. Hal ini disebabkan oleh pengelompokan kelas yang berbeda diantara kedua asrama. Asrama putra dikelompokkan berdasarkan kemampuan dan tingkatan pendidikan yang sesuai dengan sekolah formal. Sementara di asrama putri berdasarkan kemampuan dan kefahaman bahasa Arab tanpa menyesuaikan dengan tingkatan pendidikan. Kata kunci: Integrasi kurikulum, Pembelajaran bahasa Arab, Implementasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, MA
Uncontrolled Keywords: Integrasi kurikulum, Pembelajaran bahasa Arab, Implementasi.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Mar 2019 07:34
Last Modified: 15 Mar 2019 07:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33505

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum