PEMBELAJARAN Al-‘ARABIYAH LIN-NA<SYI’I<N DI KELAS TAKHASUS PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (PPMBS) TAHUN AJARAN 2017/2018 (Tinjauan Metode Dan Strategi)

Amaliya Sholihah, NIM: 14420010 (2018) PEMBELAJARAN Al-‘ARABIYAH LIN-NA<SYI’I<N DI KELAS TAKHASUS PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (PPMBS) TAHUN AJARAN 2017/2018 (Tinjauan Metode Dan Strategi). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN AL ‘ARABIYAH LIN-NASYI’IN DI KELAS TAKHASUS PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (PPMBS) TAHUN AJARAN 2017/2018 (Tinjauan Metode Dan Strategi))
14420010_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN AL ‘ARABIYAH LIN-NASYI’IN DI KELAS TAKHASUS PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (PPMBS) TAHUN AJARAN 2017/2018 (Tinjauan Metode Dan Strategi))
14420010_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Dalam panduan Al-„Arabiyah Lin-Nasyi’in, idealnya Al-„Arabiyah Lin-Nasyi’in 1 jilid dipelajari dalam 1 tahun pembelajaran, akan tetapi di kelas takhasus MBS Yogyakarta 3 jilid dipelajari dalam 1 tahun. Tujuan dalam penelitian ini akan mendeskripsikan metode dan strategi yang dipakai selama proses pembelajaran Al-„Arabiyah Lin-Nasyi’in di Kelas Takhasus. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi model Concurent Embedded, dimana metode kualitatif sebagai metode primer dan metode kuantitatif sebagai metode sekunder. Sumber data pada penelitian ini adalah bagian kurikulum, guru dan siswa kelas Takhasus Pondok Pesantren MBS Yogyakarta dan semua pihak yang dianggap perlu untuk dimintai keterangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Pembelajaran Al-„Arabiyah Lin-Nasyi’in di kelas Takhasus meliputi perencanaan yang dibuat oleh kurikulum pesantren dan guru. Pelaksanaan pembelajaran yang meliputi waktu, tujuan, materi, dan metode strategi. Selanjutnya ada penilaian pembelajaran (evaluasi). (2) Dalam proses penerapan metode dan strategi pembelajaran Al-’Arabiyah Lin-Nasyi’in di kelas Takhasus pondok pesantren MBS Yogyakarta, para guru tidak hanya menerapkan satu metode dan strategi dalam pembelajarannya. Melainkan bisa mengkolaborasikan beberapa metode atau strategi dalam sekali pembelajaran. Salah satu metode yang sering digunakan adalah metode langsung dengan strategi berpusat kepada guru. (3) Keberhasilan pembelajaran, dibuktikan dari tes semester genap yang telah dilaksanakan oleh Asatid|. Nilai dari 81 orang santri terdapat 47 yang mendapat predikat A (58%), maka pembelajaran dinyatakan berhasil. Kata Kunci : Pembelajaran Al-Arabiyah Lin-Nasyi’in, Metode dan Strategi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ja'far Shodiq, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-„Arabiyah Lin-Nasyi’in, Metode dan Strategi
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Mar 2019 07:34
Last Modified: 15 Mar 2019 07:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33510

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum