Tatbiq tariqat al ta'alum Jigsaw bi al takamul ma'a firqah al musabaqah fi al lu'ub (Tim Games Tournament) li tarqiyyah al miyul wa al injaz al dirasiy fi darsi al nahw li tulab al fasl al 'ashir bi al madrasah al thanawiyyah ibn al qayyim li al banin

Arie Prabowo, NIM. 14420033 (2018) Tatbiq tariqat al ta'alum Jigsaw bi al takamul ma'a firqah al musabaqah fi al lu'ub (Tim Games Tournament) li tarqiyyah al miyul wa al injaz al dirasiy fi darsi al nahw li tulab al fasl al 'ashir bi al madrasah al thanawiyyah ibn al qayyim li al banin. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Tatbiq tariqat al ta'alum Jigsaw bi al takamul ma'a firqah al musabaqah fi al lu'ub (Tim Games Tournament) li tarqiyyah al miyul wa al injaz al dirasiy fi darsi al nahw li tulab al fasl al 'ashir bi al madrasah al thanawiyyah ibn al qayyim li al banin)
14420033_BAB I_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA-.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Tatbiq tariqat al ta'alum Jigsaw bi al takamul ma'a firqah al musabaqah fi al lu'ub (Tim Games Tournament) li tarqiyyah al miyul wa al injaz al dirasiy fi darsi al nahw li tulab al fasl al 'ashir bi al madrasah al thanawiyyah ibn al qayyim li al banin)
14420033_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_PENUTUP.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan peningkatan minat dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran nahwu atau tidak antara kelompok eksperimen yang menggunakan kolaborasi metode pembelajaran jigsaw dengan TGT (Teams Games Tournament) dalam pembelajaran nahwu dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan kolaborasi metode pembelajaran jigsaw dengan TGT (Teams Games Tournament) di MA Ibnul Qoyyim Putra, Bantul. Dan penelitian ini bersifat kuantitatif, sedangkan genis penelitiannya adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian ini untuk mengetahui tentang minat dan prestasi belajar siswa menunjukkan bahwa uji “t” nilai pretest dan nilai posttest kelas eksperimen untuk minat menghasilkan nilai sig. (2-tailed) = 0.000, dan prestasi belajar siswa menghasilkan nilai sig. (2-tailed) = 0.000 (Ha diterima). Peningkatan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen untuk minat mencapai 16.35%, dan untuk prestasi belajar mencapai 33.75, selain itu nilai rata-rata posttest untuk kelas eksperimen untuk minat menunjukkan peningkatan dari 62.03% menjadi 78.38%. Dan untuk prestasi belajar dari 54.75 menjadi 88.5. Sedangkan kelompok kontrol untuk minat hanya mengalami peningkatan posttest sebesar 12.06%, dan untuk prestasi belajar hanya mengalami peningkatan posttest sebesar 16 poin. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Kolaborasi metode pembelajaran jigsaw dengan TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran nahwu. Faktor-faktor pendukung dalam penerapan metode pembelajaran ini salah satunya adalah siswa mudah belajar dalam menggunakan metode pembelajaran ini. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan metode pembelajaran ini salah satunya adalah keadaan kelas yang ramai dan rebut dan tidak beraturan. Kata Kunci : metode pembelajaran, minat belajar siswa, prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ja'far Shodiq, MSI
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, minat belajar siswa, prestasi belajar siswa.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Mar 2019 07:34
Last Modified: 15 Mar 2019 07:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33532

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum