UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MEWUJUDKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI MADRASAH ALIYAH NEGRI SE KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Lina Syauqina Fa’izah, NIM: 14420045 (2018) UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MEWUJUDKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI MADRASAH ALIYAH NEGRI SE KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MEWUJUDKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI MADRASAH ALIYAH NEGRI SE KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420045_BAB I, V, DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MEWUJUDKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI MADRASAH ALIYAH NEGRI SE KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420045_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan latar MAN 1 Surakarta dan MAN 2 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara itu untuk analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi melalui tiga modus yaitu membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara, membandingkan keadaan prespektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang lain, dan membandingkan hasil wawancara dengan suatu dokumen yang terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Surakarta dan MAN 2 Surakarta sudah mencukupi indikator, namun masih ada kekurangan di dua madrasah aliyah negeri tersebut yaitu pada pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Surakarta guru tidak memberikan evaluasi atau pengayaan kepada siswa dan di MAN 2 Surakarta Guru kurang dapat mengalokasikan waktu. (2) upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab di MAN 1 Surakarta dan MAN 2 Surakarta hampir sama yaitu dengan mengikuti pelatihan, Diklat, MGMP, Workshop, Seminar dan menambah wawasan dengan mempelajari referensi-referensi lain. Namun ada upaya dari madrasah yang berbeda yaitu di MAN 1 Surakarta rutin mengadakan kegiatan workshop khusus untuk guru-guru mata pelajaran yang diberi nama IHT (In House Training) dan kegiatan seminar yang mendatangkan pembicara dari timur tengah. Sedangkan di MAN 2 Surakarta juga mengadakan kegiatan workshop dan seminar dengan mendatangkan pembicara dari luar tetapi belum terjadwal atau tidak rutin. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Upaya Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nasirudin M.Si
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Upaya Guru
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:16
Last Modified: 20 Mar 2019 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33535

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum