MANAJEMEN STRATEGI DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

NIA JUWITA, NIM. 14490053 (2018) MANAJEMEN STRATEGI DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGI DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
14490053_BAB-I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGI DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
14490054_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan peneliti tentang manajemen strategi pengembangan SDM. Dari banyaknya kajian penelitian sebelumnya tentang manajemen strategi peneliti belum menemukan adanya pembahasan mengenai manajemen strategi dengan pendekatan analisis SWOT dalam meningkatkan SDM. Manajemen strategik merupakan kumpulan kebijakan dan perilaku pengelolaan yang menentukan hasil kerja sebuah instansi dalam jangka panjang melalui perumusan strategi, pelaksanaan strategi dan pengawasan strategi. Analisis SWOT berperan untuk menemukan aspek-aspek penting dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki perpustakaan. Perpustakaan UMY sudah menerapkan manajemen strategi dengan analisis SWOT dalam peningkatkan SDM. Dengan melaksanakan manajemen strategi ini pegawai perpustakaan dapat meningkatkan kinerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen strategi perpustakaan UMY meliputi: Perencanaan strategik yang dilaksanakan sesuai dengan visi misi perpustakaan UMY. Pelaksanaan strategik yang telah direncanakan yaitu pengembangan karir tenaga kependidikan, kajian ibadah praktis, dan pengembangan standar pelayanan tenaga kependidikan. Kemudian pengawasan strategik perpustakaan UMY dilakukan dengan sistem online. 2) Strategi peningkatan mutu perpustakaan UMY yaitu melakuakan mengembangkan terhadap para pegawai melalui pelatian dan pendidikan. 3) Kekuatan perpustakaan UMY merupakan salah satu perpustakaan yang berprestasi dengan mendapat akreditasi A dalam kurun waktu singkat dibandingkan dengan perpustakaan perguruan tinggi Muhammadiyah lainnya. Kelemahannya yaitu kurangnya pemanfaatan fasilitas oleh para pemustaka. Dari kekuatan dan kelemahan perpustakaan UMY mendapatkan peluang untuk mengembangkan perpustakaan yaitu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Ancaman yang dirasakan perpustakaan UMY adanya perpustakaan perguruan tinggi swasta yang dipimpin oleh pustakawan Filipina, dan perkembangan perpustakaan bahan gitital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategi dengan analisis SWOT, Pengembangan SDM
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Mar 2019 08:32
Last Modified: 05 Mar 2019 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33538

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum