MANAJEMEN PANTI ASUHAN DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN (STUDI KASUS DI PANTI ASUHAN AL-FURQON MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA

WINARSIH, NIM. 14490061 (2018) MANAJEMEN PANTI ASUHAN DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN (STUDI KASUS DI PANTI ASUHAN AL-FURQON MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PANTI ASUHAN DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN (STUDI KASUS DI PANTI ASUHAN AL-FURQON MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA)
14490061_BAB-I_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14490061_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pembinaan yang diberikan Panti Asuhan Al-Furqon dalam membentuk kemandirian anak. Manajemen yang diterapkan, faktor yang menghambat dan mendorong, serta hasil dari manajemen dalam membina kemandirian anak melalui pendidikan kewirausahaan merupakan pembahasan menarik yang menjadi inti skripsi ini. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pihak Panti Asuhan Al-Furqon Moyudan sebagai bahan evaluasi sekaligus masukan sehubungan dengan adanya tantangan zaman yang semakin komplek, serta timbulnya pengangguran di Indonesia yang semakin meningkat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam lapangan. Subyek penelitian ini adalah anak panti dan alumni. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Peneliti menguraikan hasil yang didasarkan pada data yang diperoleh dari lapangan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembinaan diberikan sebagai upaya untuk membentuk kemandirian anak melalui pembinaan kedisiplinan, pembinaan keagamaan dan pembinaan keterampilan. (2) Manajemen yang digunakan meliputi perencanaan program, perencanaan yang berada di lemaga Al- Furqon bersifat jangka panjang dan jangka pendek, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. (3) Faktor pendorong dalam pembentukan kemandirian adalah faktor internal dan faktor external, sedang faktor penghambatnya terdapat dalam modal, ketersediaan barang, sarana prasarana dan tenaga ahli terampil. (4) Hasil dalam pembinaan ini dapat terlihat dari kemampuan anak untuk menerima serta memahami diri sendiri dan lingkungan. Dari pemahaman tersebut anak akan belajar bertanggung jawab. Akhirnya anak tersebut dapat mewujudkan diri sendiri secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Panti Dalam Membentuk Kemandirian, Melalui Pendidikan Kewirausahaan.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Mar 2019 08:43
Last Modified: 05 Mar 2019 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33543

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum