IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI TUNANETRA DI MTs. YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017-2018

Yunita Laila Zulfa, NIM. 14420069 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI TUNANETRA DI MTs. YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI TUNANETRA DI MTs. YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017-2018)
14420069_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI TUNANETRA DI MTs. YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017-2018)
14420069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum tentang implementasi pendekatan SAINTIFIK dalam pembelajaran Bahasa Arab bagi tunanetra serta faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan SAINTIFIK dalam pembelajaran Bahasa Arab bagi tunanetra di MTs. Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif-kualitatif, mengambil subjek penelitian di MTs. Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observsi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) implementasi Pendekatan Saintifik di MTs. Yaketunis meliputi lima kegiatan yaitu : mengamati, menanya, menalar, mengolah, menyimpulkan dan terakhir adalah mengkomunikasikan. Yang memebedakan dengan peserta didik normal adalah media pembelajaran dan indera yang digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan yang membedakan implementasi pendekatan Saintifik peserta didik tunanetra dengan peserta didik normal adalah pada mengamati untuk peserta didik normal bisa mengamati dengan indera penglihatan kalau tunanetra kegiatan mengamati hanya dengan menggunakan indera pendengar dan peraba. (2) faktor pendukung pelaksanaan model pembelajaran SAINTIFIK proses pelajaran Bahasa Arab di MTS Yaketunis adalah : 1. antusias peserta didik, 2. ketersediaan buku ajar bagi guru, 3. pembelajaran yang menyenangkan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah : 1. belum adanya buku bahan ajar berbentuk braille untuk peserta didik, 2. kurangnya media pembelajaran yang tersedia. Solusi yang digunakan guru untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan membacakan dan mendekte materi pelajaran. Kata Kunci Implementasi Pendekatan Saintifik, pembelajaran Bahasa, bagi Tunanetra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asrofi, MM
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendekatan Saintifik, pembelajaran Bahasa, bagi Tunanetra
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:17
Last Modified: 20 Mar 2019 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33555

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum