EKSPERIMEN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF “MENYAMBUNG HURUF” DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL KITĀBAH SISWA KELAS X IIS MA NEGERI 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Anisa Dewi Fatimah, NIM: 14420089 (2018) EKSPERIMEN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF “MENYAMBUNG HURUF” DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL KITĀBAH SISWA KELAS X IIS MA NEGERI 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (EKSPERIMEN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF “MENYAMBUNG HURUF” DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL KITĀBAH SISWA KELAS X IIS MA NEGERI 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420089_BAB-I_IV_atau V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (EKSPERIMEN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF “MENYAMBUNG HURUF” DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL KITĀBAH SISWA KELAS X IIS MA NEGERI 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420089_BAB-II_sampai_SEBELUM- BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan media permainan edukatif “Menyambung Huruf” dalam pembelajaran mahārah al kitābah dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada mahārah al kitābah antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada siswa kelas X IIS MA Negeri 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keakuratan data dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk uji validitas menggunakan penilaian ahli (Expert judgment) dan validitas konstruk dengan menggunakan metode pearson correlation yaitu mengkorelasikan skor tiap item dengan skor total. Untuk uji reliabilitas menggunakan metode cronbach alpha. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus kolmogorov smirnov dan uji Homogenitas menggunakan test of homogenity of variance Adapun hasil perolehan data dalam penelitian ini diolah menggunakan analisis data dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada mahārah al kitābah siswa antara kelas eskperimen dan kelas kontrol. hal ini dibuktikan dengan hasil uji t pada nilai pretest dan posttest mahārah al kitābah. Hasil uji t pretest diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,895 sehingga nilai Sig. (2-tailed) > 0,05. Artinya tidak terdapat perbedaan pada mahārah al kitābah awal siswa. Kemudian dilakukan uji t terhadap nilai posttest kelompok eksperimen dan kontrol. Dari uji t tersebut diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 sehingga nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap mahārah al kitābah setelah diberi perlakuan menggunakan media permainan edukatif “Menyambung Huruf”. Kata Kunci: Media permainan edukatif “Menyambung Huruf”, mahārah al kitābah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Rodli, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Media permainan edukatif “Menyambung Huruf”, mahārah al kitābah.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2019 15:00
Last Modified: 21 Mar 2019 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33571

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum