STRATEGI PEMBINAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH OLEH BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

NASIRUDDIN, NIM. 11140058 (2018) STRATEGI PEMBINAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH OLEH BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBINAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH OLEH BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
11140058_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBINAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH OLEH BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
11140046_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas pembinaan perpustakaan Sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan melalui wawancara dengan informan yang dipilih secara purposive sampling yang dipercaya dan mengerti mengenai strategi pembinaan perpustakaan sekolah di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Proses analisis data menggunakan teori Miles dan Hubermen , yaitu (1) Reduksi data: menfokuskan pada tema penelitian, (2) Penyajian data : menjelaskan berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta (3) Penarikan kesimpulan: menyimpulkan hasil analisis setelah tahapan analisis selesai. Sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat cara,yaitu : credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Strategi pembinaan perpustakaan sekolah ini diteliti untuk mengenai bagaimana cara pelaksanaannya dan kendala yang dihadapi oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam melakukan pembinaan perpustakaan sekolah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk pembinaan perpustakaan sekolah yang diteliti meliputi Koordinasi, Bimbingan Teknis, Pendampingan, Akreditasi Perpustakaan. Kendala yang dihadapi dalam pembinaan perpustakaan sekolah antara lain : kurangnya tenaga perpustakaan , kurangnya sarana tranfortasi untuk melakukan pembinaan, komitmen kepala sekolah untuk mengembangkan perpustakaan. Pentingnya kerjasama antara perpustakaan sekolah, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan lembaga lembaga lain untuk memperhatikan dan membantu kelancaran pelaksanaan dan pengembangan perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Marwiyah, S.Ag., S.S., M.LIS.
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Perpustakaan Sekolah
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Mar 2019 08:23
Last Modified: 13 Mar 2019 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33765

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum