PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LIMBANGAN 07 WANAREJA CILACAP

Efa Listiyaningrum, NIM. 14480056 (2018) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LIMBANGAN 07 WANAREJA CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LIMBANGAN 07 WANAREJA CILACAP)
14480056_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LIMBANGAN 07 WANAREJA CILACAP)
14480056_BAB II - BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran akan berhasil ketika seorang guru menggunakan media, metode dan model pembelajaran yang tepat pada saat mengajar, serta guru memahami betul perannya sebagai seorang pendidik. Guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Demikian juga dalam hal memberikan motivasi belajar bagi siswa. Motivasi perlu diberikan guna memberikan dorongan agar siswa dapat mengikuti pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Siswa yang memiliki motivasi yang besar akan dapat melaksanakan kegiatan pembelajarannya dengan sungguh-sungguh. Siswa kelas V SD Negeri Limbangan 07 Wanareja Cilacap kurang termotivasi dalam pembelajaran dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian terkait peran yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar ips pada siswa kelas V SD Negeri Limbangan 07 Wanareja Cilacap serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar ips siswa kelas V SD Negeri Limbangan 07 Wanareja Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya kepala sekolah, guru, dan siswa SD Negeri Limbangan 07 Wanareja Cilacap kelas V. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu membandingkan hasil wawancara dengan observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran, peran-peran, faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar ips pada siswa kelas V SD Negeri Limbangan 07 Wanareja Cilacap. Adapun peran-peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar ips pada siswa yaitu menjelaskan tujuan belajar, memberikan pujian, memberikan hadiah, memberikan hukuman, menggunakan metode, dan memberikan semangat. Faktor pendukung dalam peran meningkatkan motivasi yaitu lingkungan belajar yang mendukung, komunikasi yang efektif antara guru dengan siswa, dan bahan ajar yang memenuhi standar kurikulum. Serta faktor penghambat yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu kurangnya alokasi waktu, kemampuan siswa yang berbeda, media belajar yang belum optimal, serta lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Motivasi, Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Mar 2019 09:24
Last Modified: 13 Mar 2019 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33774

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum