EVALUASI EFEKTIVITAS OPAC BERBASIS INLIS LITE DI GRHATAMA PUSTAKA YOGYAKARTA BERDASARKAN RECALL DAN PRECISION

NADIYA PUTRI, NIM. 14140049 (2018) EVALUASI EFEKTIVITAS OPAC BERBASIS INLIS LITE DI GRHATAMA PUSTAKA YOGYAKARTA BERDASARKAN RECALL DAN PRECISION. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI EFEKTIVITAS OPAC BERBASIS INLIS LITE DI GRHATAMA PUSTAKA YOGYAKARTA BERDASARKAN RECALL DAN PRECISION)
14140049_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI EFEKTIVITAS OPAC BERBASIS INLIS LITE DI GRHATAMA PUSTAKA YOGYAKARTA BERDASARKAN RECALL DAN PRECISION)
14140049_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi efektivitas OPAC berbasis INLIS Lite di Grhatama Pustaka Yogyakarta berdasarkan Recall dan Precision melalui ruas pencarian judul dan subjek. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini adalah kata kunci subjek yang akan di cari pada ruas pencarian judul dan subjek. Dari kesepuluh nomor kelas utama akan dipilih masing-masing 3 subjek sehingga jumlah sampel keseluruhan yaitu 30 subjek. Peneliti memilih 30 subjek koleksi yang pernah dipinjam selama bulan Januari sampai Maret 2018. Pengumpulan data menggunakan tes dengan alat bantu laptop untuk mengumpulkan hits, noises dan misses. Analisis data menggunakan rumus recall dan precision, kemudian dicari rata-ratanya dengan rumus mean. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada ruas pencarian judul nilai rata-rata recall sebesar 77.65003% dan nilai rata-rata precision sebesar 82.002735%. Sedangkan pada ruas pencarian subjek nilai rata-rata recall sebesar 90.11648 % dan nilai rata-rata precision sebesar 94.13283%. Sehingga sistem temu kembali informasi (OPAC) di Grhatama Pustaka Yogyakarta berdasarkan recall dan precision dapat dikatakan sudah sangat efektif. Hal tersebut dikarenakan nilai rata-rata dari recall dan precision yaitu diatas 75%. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pada ruas pencarian subjek memiliki nilai precision lebih tinggi dibanding pada ruas pencarian judul. Namun pustakawan di Grhatama Pustaka Yogyakarta kurang konsisten dalam penggunaan subjek pada koleksi. Saran dari peneliti adalah pustakawan perlu konsisten dalam menetapkan subjek sebuah koleksi pada proses pengolahan agar informasi yang didapat lebih efektif dan relevan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Marwiyah, S.Ag, SS, MLIS
Uncontrolled Keywords: Efekivitas Temu kembali Informasi, OPAC, Perpustakaan, Recall dan Precision.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Mar 2019 07:50
Last Modified: 14 Mar 2019 07:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33813

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum