PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GEOMETRI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH GIRIKERTO TURI SLEMAN

YULIA SETYAWATI, NIM. 11480058 (2018) PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GEOMETRI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH GIRIKERTO TURI SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GEOMETRI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH GIRIKERTO TURI SLEMAN)
11480058_BAB- I_ V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GEOMETRI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH GIRIKERTO TURI SLEMAN)
11480058_BAB-II_ III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Geometri merupakan pembelajaran yang mengabstraksikan pengalaman visual dan spasial, yang secara keilmuan matematika geometri dapat membantu untuk melakukan pemecahan masalah, misalnya dengan menggunakan gambar-gambar, diagram, sistem koordinat, vektor dan transformasi. Geometri penting dipelajari oleh siswa, karena dalam geometri dibahas obyek-obyek yang berhubungan dengan bidang dan ruang. Pada saat pembelajaran matematika materi geometri berlangsung terlihat beberapa siswa memperhatikan penjelasan guru dengan serius sambil membaca dan mengamati gambar-gambar yang ada dibuku paket. Berangkat dari latar belakang masalah itulah penulis mengadakan penelitian. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar materi geometri siswa kelas V SD Muhammadiyah Girikerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Muhammadiyah Girikerto yang berjumlah 20 siswa diantaranya 13 laki-laki dan 7 perempuan. Siswa dengan gaya belajar visual sebanyak 13 siswa (65%), auditorial sebanyak 3 siswa (15%), dan kinestetik sebanyak 4 siswa (20%). Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 8 Juni sampai tanggal 14 Juni 2017. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan regresi sederhana. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan nilai thitung = 4,856; dan ttabel = 2,179, maka hasilnya 4,856 2,179. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara gaya belajar visual (x) dengan hasil belajar materi geometri (Y) dan besarnya sebesar 0,682 atau sebesar 68,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Luluk Mauluah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Visual, Hasil Belajar, Materi Geometri
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Apr 2019 09:35
Last Modified: 04 Apr 2019 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34336

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum