UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PROGRAM TAHFIDZ DAN TAHSIN AL-QUR’AN DI KELAS IIC SD MUHAMMADIYAH BODON BANTUL

FATHONIYAH, NIM. 12480018 (2018) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PROGRAM TAHFIDZ DAN TAHSIN AL-QUR’AN DI KELAS IIC SD MUHAMMADIYAH BODON BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PROGRAM TAHFIDZ DAN TAHSIN AL-QUR’AN DI KELAS IIC SD MUHAMMADIYAH BODON BANTUL)
12480018, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PROGRAM TAHFIDZ DAN TAHSIN AL-QUR’AN DI KELAS IIC SD MUHAMMADIYAH BODON BANTUL)
12480018, BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana pelaksanaan program tahfidz dan tahsin al-Qur‟an di SD Muhammadiyah Bodon (2) bagaimana upaya pembentukan karakter melalui program tahfidz dan tahsin al-Qur‟an di kelas IIC SD Muhammadiyah Bodon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: pelaksanaan program tahfidz dan tahsin al- Qur‟an di kelas IIC SD Muhammadiyah Bodon dan upaya pembentukan karakter yang meliputi: metode yang digunakan pada pembentukan karakter, implementasi nilai karakter, dan tahapan pembentukan karakter. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, 1)Pelaksanaan program tahfidz dan tahsin al-Qur‟an di kelas IIC SD Muhammadiyah Bodon sudah baik, yakni kegiatan tahfidz menggunakan metode Al-Qosimi dengan konsep muroja’ah (pengulangan), pemberian motivasi lewat cerita, pelaksanaan pembelajaran iqro/al-Qur‟an dan pelaksanaan ekstra tahsin sebagai sarana penguat melatih bacaan/hafalan anak. 2) Upaya pembentukan karakter, implementasi yang dikembangkan adalah nilai karakter religius, nilai disiplin dan nilai tanggungjawab. Pada tahap pembentukan karakter, mayoritas anak masih dalam tahap pengetahuan dan pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Jauhar Hatta, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Tahfidz dan Tahsin Al-Qur‟an, Pembentukan Karakter
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Apr 2019 14:05
Last Modified: 04 Apr 2019 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34345

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum