PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I MI MA’ARIF DOYO KLATEN

SRI ASTUTI, NIM. 13480025 (2018) PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I MI MA’ARIF DOYO KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I MI MA’ARIF DOYO KLATEN)
13480025_Sri astuti_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version

Download (36MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I MI MA’ARIF DOYO KLATEN)
13480025_Sri astuti_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Masalah yang paling mendasar dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti menggunakan outdoor learning sebagai metode pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MI Ma’arif Doyo Klaten. Metode outdoor learning adalah metode dimana guru mengajak siswa belajar di luar kelas untuk melihat peristiwa langsung di lapangan dengan tujuan untuk mengakrabkan siswa dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah penerapan serta faktor pendukung dan penghambat penerapan metode outdoor learning pada materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I MI Ma’arif Doyo Klaten. Selain itu juga untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas I MI Ma’arif Doyo Klaten setelah metode outdoor learning diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah penerapan metode outdoor learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I MI Ma’arif Doyo Klaten, meliputi; (1) Kegiatan awal, (2) Pendahuluan, (3) Pengembangan, (4) Penerapan, (5) Penutup. Diperoleh hasil belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 MI Ma’arif Doyo mengalami peningkatan setelah metode outdoor learning diterapkan. Adapun faktor pendukung dalam penerapan metode outdoor learning diantaranya; MI Ma’arif Doyo memiliki halaman yang cukup luas dan banyak lingkungan biotik dan abiotik yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar siswa, sedangkan faktor penghambatnya meliputi; cuaca yang kadang-kadang kurang bersahabat, masalah waktu yang kurang efektif, dan pengelolaan siswa yang kadang sulit dikondisikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Luluk Maulu’ah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Outdoor Learning, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika SD/MI.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Apr 2019 14:42
Last Modified: 04 Apr 2019 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34350

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum