EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SD NEGERI TEGALREJO 1 YOGYAKARTA

GALUH LARASATI, NIM. 14480123 (2018) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SD NEGERI TEGALREJO 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SD NEGERI TEGALREJO 1 YOGYAKARTA)
14480123_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SD NEGERI TEGALREJO 1 YOGYAKARTA)
14480123_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala yang dialami guru dalam Implementasi Kurikulum 2013, oleh karena itu perlu adanya evaluasi dalam Implementasi Kurikulum 2013 untuk mengetahui sejauh mana kesiapannya dalam Implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Pada Perencanan Pembelajaran Tematik Kelas I SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. Komponen Implementasi Kurikulum yang dievaluasi meliputi Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan studi evaluasi kurikulum dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian menggunakan evaluasi dokumen. Penelitian dilakukan di SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta dengan subyek penelitian Guru Kelas IA, Peserta Didik Kelas IA, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara,. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 Pada Perencanaan Pembelajaran Tematik Kelas I SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta meliputi pembelajaran ke-1 secara keseluruhan dapat dikatakan baik dengan persentase skor 86 %, pembelajaran ke-2 secara keseluruhan dapat dikatakan baik dengan persentase skor 82 %, pembelajaran ke-3 secara keseluruhan dapat dikatakan baik dengan persentase skor 83 %, pembelajaran ke-4 secara keseluruhan dapat dikatakan baik dengan persentase skor 85 %, pembelajaran ke-5 secara keseluruhan dapat dikatakan cukup dengan persentase skor sebesar 80 %, dan pembelajaran ke-6 secara keseluruhan dapat dikatakan baik dengan persentase skor sebesar 85 %. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan rata-rata sebesar 83% yang dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan dari pembelajaran ke-1 sampai pembelajaran ke-6 telah terlaksana dengan baik karena sudah mencapai 83% dari komponen yang telah diatur oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah meliputi identitas sekolah, tujuan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Agung Rokhimawan, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kurikulum 2013, Perencanaan Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:39
Last Modified: 08 Apr 2019 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34427

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum