Ahadith Al Taharah Fi Kitab Bulugh Al Maram Li Al Hafiz Ibn Hajjar Al 'Asqalani : Dirash Tahliliyyah Qusariyyah

Nur Hasannudin, NIM. 15110044 (2019) Ahadith Al Taharah Fi Kitab Bulugh Al Maram Li Al Hafiz Ibn Hajjar Al 'Asqalani : Dirash Tahliliyyah Qusariyyah. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Ahadith Al Taharah Fi Kitab Bulugh Al Maram Li Al Hafiz Ibn Hajjar Al 'Asqalani : Dirash Tahliliyyah Qusariyyah)
15110044_BAB I_BAB IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Ahadith Al Taharah Fi Kitab Bulugh Al Maram Li Al Hafiz Ibn Hajjar Al 'Asqalani : Dirash Tahliliyyah Qusariyyah)
15110044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mencari hadis-hadis fikih tentang Toharoh dalam kitab Bulug al- Maram karya Ibnu Hajar Al-’Asqolani yang mengandung uslub Qasr, mencari jenis-jenisnya, dan menganalisis implikasi makna pada uslub Qasr terhadap pemaknaan hadis-hadis tersebut. Penelitian ini menggunakan teori Uslub Qasr, dan metode analisis data yang dipakai menggunakan metode deskriptif analisis, diawali membaca hadis-hadis tentang Toharoh dengan cermat dalam kitab Bulug al-Maram karya Ibnu Hajar al-’Asqolani. Lalu menganalisisnya dengan menggunakan teori Qasr dan mencari implikasi uslub qasr terhadap pemakanaan hadis-hadis tersebut. Manusia sesuai kodratnya berkomunikasi dengan sesama menggunakan bahasa yang mempunyai uslub (gaya bahasa) –nya sendiri. Dalam kalimat-kalimat yang diucapkan Nabi Muhammad SAW pada hadis-hadis yang sampai kepada kita, kita dapat temukan penggunaan susunan kata yang mengandung struktur dan kedalaman makna tertentu. Kitab Bulug al-Maram merupakan salah satu kitab yang berisi hadis-hadis nabi tentang fikih (hukum syariat). Kitab ini merupakan salah satu kitab penting yang dipelajari oleh santri di pondok-pondok pesantren Indonesia. Dalam hadis-hadis tersebut, banyak jenis-jenis uslub yang digunakan. Salah satunya adalah uslub Qasr. Tujuan Qasr adalah tujuan mendasar dan berkenaan dengan makna kalimat, dan artinya dapat sangat bervariasi. Dalam penelitian ini ditemukan hadis-hadis toharoh dalam kitab Bulug al-Maram terdapat 15 hadis yang mengandung uslub Qasr, dua hadis diantaranya memiliki 2 uslub. Jadi ada 17 uslub Qasr. Ditinjau dari hakikat dan kenyataan, terdapat 7 Qasr Haqiqi, 10 Qasr Idafi. Berdasarkan bagiannnya, terdapat 7 Qasr Sifat ‘ala Mausuf dan 10 Qasr Mausuf ‘ala Sifat. Sedangkan dengan melihat penutur dan petuturnya, terdapat 1 Qasr Qalb. Adanya Qasr dalam uslub-uslub tersebut bertujuan untuk pengkhususan, peringatan, dan membesar-besarkan. Kata Kunci: Hadis, Uslub, Qasr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Umi Nurun Ni'mah, SS., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Hadis, Uslub, Qasr.
Subjects: Hadis > Hadis Hukum
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Apr 2019 07:52
Last Modified: 26 Apr 2019 07:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34542

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum