IMPLEMENTASI METODE AL-KARIIM DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWASDIT LUQMAN AL-HAKIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Moh Alawi Maksum, NIM. 14410055 (2018) IMPLEMENTASI METODE AL-KARIIM DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWASDIT LUQMAN AL-HAKIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE AL-KARIIM DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWASDIT LUQMAN AL-HAKIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14410055_BAB-I_IV.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE AL-KARIIM DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWASDIT LUQMAN AL-HAKIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14410055_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah dalam suatu pembelajaran, sering kali guru mengajar tanpa memperhatikan metode.Padahal metode sangatlah penting. Metode adalah cara untuk mengantarkan materi pelajaran dalam rangka mencapai tujuan. Namun, dalam kenyataannya penggunaan metode dalam pembelajaran qur’an dilaksanakan biasa saja siswa membaca dan disimak, tetapi metode Al-Karim hadir dengan inspirasi baru yang berinovasi. Menggabungkan tekhnik klasikal yang diawali dengan solawat. Solawat dimaksudkan untuk menanamkan kecintaan kepada Nabi Muhammad saw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Al-Karim dan keberhasilan yang dicapai dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sumber data guru qur’an, dan peserta didik SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi participant, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data yang dilakukan secara sistematis, kemudian display data berupa uraian deskriptif yang panjang, dan terakhir diberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prosedur implementasi metode Al-Karim dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SDIT Luqman al-Hakim Yogyakarta adalah guru mengajar dengan metode klasikal berhadapan dengan anak secara langsung, dengan cara tersebut ustadz/ustadzah bisa menjelaskan langsung pokok bahasan, menyimak bacaan anak, kemudian dapat memantau bacaannya. 2) Keberhasilan metode Al-Karim dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Hal tersebut tercermin pada waktu pelaksanaan yang relatif singkat, pembelajaran yang mudah dan menyenangkan, dan hasil yang dicapai, baik.Selain itu, siswa juga sudah mencapai sesuai dengan target kurikulum yang diharapakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Al-Karim, Belajar membaca Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Apr 2019 09:15
Last Modified: 18 Apr 2019 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34668

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum