PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B1 RA TIARA CHANDRA KRAPYAK

RADEN RORO NAZAUMA NARESWARA WULANTAKA, NIM. 14430021 (2018) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B1 RA TIARA CHANDRA KRAPYAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B1 RA TIARA CHANDRA KRAPYAK)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B1 RA TIARA CHANDRA KRAPYAK)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (887kB)

Abstract

Tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini adalah membangun landasan bagi perkembangan potensi anak agar menjadi manusia yang mandiri. Hal ini tidak banyak diterapkan oleh lembaga pendidikan anak usia dini atau taman kanak – kanak yang pernah menjadi tempat obsevasi bagi peneliti. Fakta tersebut menunjukan bahwa tidak berjalanya peran guru PAUD dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Apa saja bentuk kemandirian anak usia dini kelompok B1 RA Tiara Chandra Krapyak. (2) Bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini kelompok B1 RA Tiara Chandra Krapyak. (3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini kelompok B1 RA Tiara Chandra Krapyak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Bentuk kemandirian peserta didik kelompok B1 RA Tiara Chandra Krapyak : Tidak menangis saaat di tinggal orangtua, dapat pergi ke toilet sendiri, dapat memakai dan melepas sepatu sendiri serta meletakkan sendiri sepatu pada tempatnya, dapat meletakkan tas sendiri pada tempatnya, tidak ditemani orangtua saat bersekolah, dapat memilih kegiatan sendiri pada setiap sentra, dapat membereskan barang yang telah digunakan, dapat makan sendiri, dapat membuang sampah sendiri, dapat makan sendiri, dapat memakai baju, melepas dan dapat melipat baju sendiri, tidak ditemani orangtua saat minitrip ke kebun binatang. (2) Peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini : pembiasaan, memberikan contoh yang real, komunikasi dengan orangtua wali, memberikan pengertian, membiasakan untuk rapi, bertahap, apresiasi, mengajarkan bertanggung jawab, mengajarkan untuk menyelesaikan permasalahan yang sederhana, memberikan kasih sayang. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia kelompok B1 RA Tiara Chandra Krapyak yaitu : faktor pendukung : Tidak terbebani dalam menjalankan peran nya sebagai guru untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini, memahami mengembangkan kemandirian anak usia dini merupakan kewajiban seorang guru Tk, dan dukungan dari orangtua wali kelompok B1, faktor penghambat : Karakter anak yang berbeda – beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Zubaedah, S.Ag.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kemandirian Anak Usia Dini, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Apr 2019 13:43
Last Modified: 18 Apr 2019 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34693

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum