UPAYA GURU MENANAMKAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN DI KELOMPOK B2 TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

ISNAENTI FAT ROCHIMI, NIM. 14430053 (2018) UPAYA GURU MENANAMKAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN DI KELOMPOK B2 TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU MENANAMKAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN DI KELOMPOK B2 TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14430053_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU MENANAMKAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN DI KELOMPOK B2 TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14430053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan umum yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Kurangnya pemahaman dan kesadaran akan kedisiplinan. Banyaknya orang yang salah mengartikan aturan bukan untuk ditaati tetapi justru dilanggar. Sebuah lembaga pendidikan yang memiliki tujuan dan tugas sebagai pembentuk karakter dengan menanamkan nilai pada siswa. Salah satu nilai yang harus diimplementasikan adalah nilai disiplin.Guru mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan nilai ketika masuk di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru menanamkan nilai-nilai kedisiplinan di kelompok B2 TK Nurul Umma Kotagede Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dengan subjek penelitian adalah Kepala TK Nurul Ummah, guru kelompok B2. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verification/conclusi drawing. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedisiplinan di kelompok B2 TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta cukup baik terbukti dengan guru dan anak-anak membuat peraturan sendiri dalam kelompok.TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta menerapkan disiplin demokratis untuk menanamkan nilai-nilai kedisiplinan.Guru dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan menggunakan: 1).Keteladanan, yaitu guru sebagai role model bagi anak-anak di sekolah.2)Pembiasaan, guru secara bertahap dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan di Kelompok B2 TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yang menjadikan rutinitas anak tanpa membebani anak tersebut.3) Hadiah/reward,hadiah diberikan kepada anak yang berhasil berperilaku disiplin sebagai motivasi untuk tetap berperilaku disiplin.4). Pendekatan individual, pendekatan individual dilakukan bagi anak yang sulit untuk berperilku disiplin. dengan pendekatan individual anak merasa diperhatikan dan berperilaku disiplin secara emosional sesuai dengan kemauannya sendiri. Faktor-faktor yang menghambat guru adalah guru itu sendiri yang kurang konsisten dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, yang kedua adalah perbedaan karakter anak. sedangkan, faktor pendukung guru adalah peran orang tua, usia anak, dan peraturan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suismanto, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, Nilai-nilai Disiplin
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Apr 2019 09:53
Last Modified: 22 Apr 2019 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34713

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum