STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGEMBANGAN KOMUNIKASI TOTAL BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA YOGYAKARTA

MILA HENDRIANAWATI, NIM. 12490044 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGEMBANGAN KOMUNIKASI TOTAL BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGEMBANGAN KOMUNIKASI TOTAL BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA YOGYAKARTA)
12490044_BAB-I, V, DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGEMBANGAN KOMUNIKASI TOTAL BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA YOGYAKARTA)
12490044_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang dipakai dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bagi siswa tunarungu di SLB Islam Qothrunnada Yogyakarta, serta untuk mengetahui pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam mengajar siswa tunarungu di SLB Islam Qothrunnada Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilaksanakan di tengah-tengah kancah kehidupan masyarakat. Berdasarkan maksud suatu penelitian dilaksanakan, penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Karena bertujuan untuk menggambarkan ciri tertentu dari suatu fenomena dan berusaha mendeskripsikan dan menginterprestasikan apa yang ada (bisa mengenai kondisi atau hubungan yang ada pendapat yang sedang tumbuh, proses yang sedang berlangsung, akibat atau efek yang terjadi, atau kecenderungan yang tengah berkembang). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview atau wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan empat tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, mengklasifikasikan data, menjelaskan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah di SLB Islam Qothrunnada menggunakan metode A Ma Ba dan strategi pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bagi siswa tunarungu adalah strategi komunikasi total melalui ceramah, keteladanan, tanya jawab, pemberian tugas, dan latihan. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan individual, kelompok, dan pembiasaan. Dalam mendukung terlaksananya strategi dengan baik bagi siswa tunarungu, guru menggunakan pendekatan berbahasa yaitu Metode Maternal Reflektif (MMR) yaitu metode pembelajaran yang memuat percakapan dari hati ke hati, percakapan linguistik, dan membiasakan siswa tunarungu untuk menyimak, berbicara, membaca dan menulis sesuai kemampuan siswa dengan dibina oleh guru. Dari 9 siswa tunarungu dan 4 guru yang di wawancarai terdapat hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu berasal dari siswa tunarungu, fasilitas dan media pembelajaran. Sedangkan pendukung proses pembelajaran pendidikan agama Islam adalah berasal dari guru pengajar yang profesional dalam bidang pengajaran bagi siswa tunarungu, serta didukung dengan keadaan sekolah dan kelas yang kondusif untuk belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, pengembangan komunikasi, anak tunarungu
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Apr 2019 14:57
Last Modified: 23 Apr 2019 14:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34766

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum