PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF CANDRAN SIDOARUM GODEAN SLEMAN

MUHAMMAD NASYIMUDIN IRFAN, NIM. 12490101 (2018) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF CANDRAN SIDOARUM GODEAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF CANDRAN SIDOARUM GODEAN SLEMAN)
12490101_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF CANDRAN SIDOARUM GODEAN SLEMAN)
12490101_BAB II_S.D._SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pengelolaan lembaga pendidikan bergantung kepada pemimpin sebagai komponen penting dalam organisasi. Seorang kepala madrasah memiliki peran serta tugas dan tanggung jawabnya untuk mengembangkan kualitas mutu pendidikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan. MI Ma’arif Candran merupakan lembaga pendidikan yang mengalami peningkatan kualitas pendidikan dengan meningkatnya jumlah siswa, prestasi, dan pertumbuhan fisik madrasah. Hal ini yang menarik bagi peneliti untuk meneliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peranan kepala madrasah dalam menerapkan manajemen strategis serta hasil dari penerapan manajemen strategis yang dijalankan oleh madrasah dalam mengelola pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di MI Ma’arif Candran sebagai subyek penelitian. Menggunakan teknik analisis data berupa: reduksi data, penyajian data, diverifikasi dan penarikan kesimpulan. Terakhir peneliti menggunakan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi untuk menguji validitas data pada penelitian dengan teori. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) Peran kepala madrasah sangat dominan dengan merencanakan semua program kegiatan sejak awal, membagi tugas secara jelas pada posisi masing-masing, melakukan pembinaan kepada guru dan memberikan penghargaan, serta membangun budaya iklim kerja yang menyenangkan dan menerima kritik dan saran. (2) Penerapan manajemen strategis dimulai dari visi misi dan tujuan MI Ma’arif Candran yang disesuaikan dengan analisis situasi dan kondisi baik dari internal maupun eksternal lembaga. Menyusun sasaran strategis menjadi tiga bagian yaitu: Bidang akademik, non akademik, dan sistem pelayanan dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Menentukan program kegiatan dalam mengendalikan sasaran strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. (3) Hasil dari penerapan manajemen strategis MI Ma’arif Candran mampu memperbaiki dan mengalami peningkatan kondisi keuangan. Terjalinnya komunikasi dengan orang tua dan masyarakat. Pengembangan tenaga pendidik dan perombakan sistem pelayanan. Di barengi dengan pertumbuhan pembangunan secara fisik serta program kegiatan sebagai pengembangan madrasah jangka panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategis, Kepala Madrasah
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Apr 2019 15:39
Last Modified: 23 Apr 2019 15:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34768

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum