PENGARUH STRES KERJA DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN PANDAK

SENTANI DWI CLARAWATI, NIM. 13490023 (2018) PENGARUH STRES KERJA DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN PANDAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRES KERJA DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN PANDAK)
13490023_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRES KERJA DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN PANDAK)
13490023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel stres kerja (X1) dan profesionalisme guru (X2) terhadap kinerja guru (Y) ini dilaksanakan di SMP Negeri di Kecamatan Pandak, dengan sampel 110 guru. Penarikan sampel didasarkan pada kaidah probability sampling dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Variabel independen dalam penelitian ini adalah stres kerja (X1) dan profesionalisme guru (X2), sedangkan variabel dependen adalah kinerja guru (Y). Metode pengambilan data menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Metode analisis dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, stres kerja memiliki korelasi negatif signifikan (P-value 0,007 α 0,05) terhadap kinerja guru ditunjukkan oleh angka koefisien korelasi sebesar –0,257. Artinya, semakin tinggi stres kerja yang dialami oleh guru maka semakin rendah kinerja yang dimiliki guru, begitu pula sebaliknya. Kedua, profesionalisme guru berkorelasi positif signifikan (P-value 0,000 α 0,05) terhadap kinerja guru ditunjukkan oleh angka koefisien korelasi sebesar 0,550. Artinya, semakin tinggi profesionalisme yang dimiliki guru maka semakin tinggi pula kinerja guru, dan begitu pula sebaliknya. Ketiga, besar pengaruh stres kerja terhadap kinerja guru adalah 0,33 (β1= –0,331) yang berarti stres kerja yang dialami guru menurunkan kinerja guru sebesar 33%. Sedangkan profesionalisme guru mempengaruhi kinerja guru sebesar 0,69 (β2=0,691) yang berarti profesionalisme yang dimiliki oleh guru meningkatkan kinerja guru sebesar 69%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zain, S.Ag, M.A.
Uncontrolled Keywords: Stres Kerja, Profesionalisme Guru, Kinerja Guru
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Apr 2019 09:29
Last Modified: 24 Apr 2019 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34774

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum