PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL HUDA KEPUH TELUK KECAMATAN TAMBAK PULAU BAWEAN KABUPATEN GRESIK

NUR MUSFIRAH, NIM. 14490006 (2018) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL HUDA KEPUH TELUK KECAMATAN TAMBAK PULAU BAWEAN KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL HUDA KEPUH TELUK KECAMATAN TAMBAK PULAU BAWEAN KABUPATEN GRESIK)
14490006_BAB -I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL HUDA KEPUH TELUK KECAMATAN TAMBAK PULAU BAWEAN KABUPATEN GRESIK)
14490006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru. Sedangkan rumusan masalahnya yaitu: (1) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Kepuh Teluk Kecamatan Tambak Pulau Bawean Kabupaten Gresik? (2) Bagaimana usaha kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Kepuh Teluk Kecamatan Tambak Pulau Bawean Kabupaten Gresik? (3) Bagaimana hasil pengembangan kompetensi guru di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Kepuh Teluk Kecamatan Tambak Bawean? Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru. Tempat penelitian adalah Madrasah Aliyah Miftahul Huda Kepuh Teluk Kecamatan Tambak Bawean. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara (In-depth interview), observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber,triangulasi data dan teknik. Data dianalisis dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru Madrasah Aliyah Miftahul Huda Kepuh Teluk Kecamatan Tambak Bawean adalah: (1) sebagai educator: kepala sekolah mempunyai keterampilan dalam mengajar, membimbing dan memotivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar, mampu membimbing guru dengan cara memberi pelatihan. (2) sebagai manajer: mengikutsertakan guru-guru dalam pelatihan, seminar/workshop. (3) sebagai administrator: mengelola administrasi sekolah yang tersusun dalam RKM dan Rencana Kerja Tahunan, mengelolah administrasi siswa, keuangan dan sarana prasarana. (4) sebagai supervisor: pengawasan yang dilakukan kepala sekolah dilakukan tiga bulan sekali. (5) sebagai leader: tegas, lugas, santun dan berwibawa. (6) sebagai pencipta iklim kerja: memotivasi guru dan siswa. (7) sebagai wirausahawan: melakukan perubahan-perubahan inovatif disekolah, Usaha-usaha kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru dengan memberi motivasi, mengadakan diklat, pelatihan yang berkenaan dengan perkembangan pendidikan yang dilaksanakan di lembaga sendiri maupun diluar lembaga sendiri. Hasil pengembangan kompetensi guru Madrasah Aliyah Miftahul Huda Kepuh Teluk kepala sekolah sudah berhasil tapi belum optimal dalam menjalankan perannya dalam mengembangkan kompetensi guru dengan mengikutsertakan guru dalam pelatihan, seminar, kepala sekolah saat ini banyak memiliki perubahan dari pada sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ichsan M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Apr 2019 10:15
Last Modified: 24 Apr 2019 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34781

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum