IMPLEMENTASI PROGRAM MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP LINGKUNGAN DI SD NEGERI 2 CANGKREP LOR PURWOREJO JAWA TENGAH

ADHA WAHYU EFENDI, NIM. 14490049 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP LINGKUNGAN DI SD NEGERI 2 CANGKREP LOR PURWOREJO JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP LINGKUNGAN DI SD NEGERI 2 CANGKREP LOR PURWOREJO JAWA TENGAH)
14490049_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP LINGKUNGAN DI SD NEGERI 2 CANGKREP LOR PURWOREJO JAWA TENGAH)
14490049_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini berangkat dari banyaknya permasalahan lingkungan yang timbul karena kesalahan individu. Mata pelajaran muatan lokal pertanian merupakan mata pelajaran yang erat kaitannya dengan lingkungan hidup, dengan demikian mata pelajaran ini dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai pentingnya kepedulian lingkungan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Cangkrep Lor Purworejo dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, yang digunakan untuk memperoleh data yang menyeluruh. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan cara melakukan observasi langsung ke lokasi penelitian selama dua minggu, melakukan wawancara dengan 8 narasumber dan mengambil dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dirangkum pertama mata pelajaran muatan lokal pertanian dilaksanakan secara praktik langsung karena dianggap lebih efektif daripada secara teori. Kedua, mata pelajaran muatan lokal pertanian memiliki pengaruh yang besar terhadap kepedulian lingkungan karena indikator peduli lingkungan banyak tercapai dalam mata pelajaran ini. Ketiga, mata pelajaran muatan lokal pertanian dapat meningkatkan kepedulian lingkungan karena selain ilmu pertanian mata pelajaran ini juga memberikan materi tentang pentingnya kelestarian lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Implementasi, Mata Pelajaran Muatan Lokal Pertanian dan Kepedulian Lingkungan.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Apr 2019 15:37
Last Modified: 24 Apr 2019 15:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34800

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum