EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU GAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019

Abdul Basit, NIM: 14420096 (2019) EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU GAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU GAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019)
14420096_ bab i_bab v_daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAGA (KOTAK DAN KARTU GAMBAR) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN T.A 2018/2019)
14420096_bab ii_sampai sebelum bab terkahir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran bahasa Arab di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan media permainan Kokaga (kotak dan kartu gambar) sebagai sebuah inovasi pemanfaatan media belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan media permainan Kokaga (kotak dan kartu gambar), (2) Mengetahui penguasaan kosakata bahasa Arab setelah penerapan media permainan Kokaga (kotak dan kartu gambar), dan (3) Mengetahui efektivitas pembelajaran kosakata dengan media permainan Kokaga (kotak dan kartu gambar). Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, yang dilaksanakan di SDIT Salsabila 3 Banguntapan, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Dengan penerapan permainan ini, diharapkan dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pretest posttest control group design. Obyek yang digunakan adalah kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji independent samples t-testmelalui SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan media Kokaga (kotak dan kartu gambar) di kelas V A diawali dengan guru mempertunjukkan benda kepada siswa sebelum dimasukkan ke dalam kotak, lalu benda tersebut dimasukkan ke kotak, guru memberikan klu agar siswa mampu menebak benda, benda tersebut dikeluarkan dari kotak jika siswa mampu menebak dengan benar, begitu seterusnya sampai semua benda dalam kotak habis. (2) Penguasaan kosakata bahasa Arab siswa setelah menerapkan permainan Kokaga (kotak dan kartu gambar) mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata dari 43,74 menjadi 72,08. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan kosakata bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berdasarkan pada analisis data melalui uji Independent Samples T-Test dan menunjukkan nilai signifikansi 0.003 lebih kecil 0.05 maka Ha diterima. Dan dari hasil analisis semua data, media permainan Kokaga (kotak dan kartu gambar) efektif dalam pembelajaran kosakata siswa kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan TA. 2018/2019. Kata Kunci : Media, Permainan Bahasa, Kokaga (kotak dan kartu gambar), Kosakata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media, Permainan Bahasa, Kokaga (kotak dan kartu gambar), Kosakata
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 May 2019 10:01
Last Modified: 15 May 2019 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34943

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum