PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA N 5 YOGYAKARTA

NIDA’UL KHASANAH, NIM. 14680018 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA N 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA N 5 YOGYAKARTA)
14680018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA N 5 YOGYAKARTA)
14680018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh metode pembelajaran gallery walk terhadap minat belajar biologi siswa kelas XI SMA N 5 Yogyakarta, 2) pengaruh metode pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar biologi pada aspek pengetahuan siswa kelas XI SMA N 5 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian True ExperimentalDesign dengan menggunakan desain Randomized Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang kemudian diambil sampel 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol diterapkan metode pembelajaran ceramah, sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran gallery walk. Teknik pengumpulan data minat belajar biologi siswa menggunakan angket. Pengambilan data hasil belajar melalui tes dengan menggunakan instrumen berupa lembar pretest dan posttest. Teknik analisis data minat belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney U-Test, dan analisis data hasil belajar siswa juga menggunakan uji statistik Mann Whitney U-Test.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) terdapat pengaruh metode pembelajaran gallery walk terhadap minat belajar biologi siswa kelas XI SMA N 5 Yogyakarta, hal ini ditunjukkan dari data hasil uji Mann Whitney U-Test yang menunjukkan Assymp. Sig. Sebesar 0,020 0,05, 2) tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar biologi pada aspek pengetahuan siswa kelas XI SMA N 5 Yogyakarta, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U-Test yang menunjukkan nilai Assymp. Sig sebesar 0,993 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: minat belajar, hasil belajar, gallery walk
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 May 2019 13:13
Last Modified: 08 May 2019 13:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34967

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum