UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA KELOMPOK B1 DI TK ABA MARGOMULYO III SEYEGAN SLEMAN

Yuliana Shofiati, NIM: 14430054 (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA KELOMPOK B1 DI TK ABA MARGOMULYO III SEYEGAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA KELOMPOK B1 DI TK ABA MARGOMULYO III SEYEGAN SLEMAN)
14430054_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA KELOMPOK B1 DI TK ABA MARGOMULYO III SEYEGAN SLEMAN)
14430054_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Salah satu aspek sosial emosional yang harus dikembangkan pada anak TK yaitu tentang kemandirian. Sikap mandiri pada anak akan membentuk perilaku yang tidak mudah bergantung pada orang lain dalam memecahkan masalah dan menyelesaikan semua tugas. Pada kenyataannya masih banyak anak usia 4-6 tahun yang belum dapat melayani dirinya sendiri. Berdasarkan hasil observasi ydi TK ABA Mrgomulyo III Seyegan Sleman masih ada beberapa anak yang belum mandiri. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemandirian anak pada kelompok B1 TK ABA Margomulyo III Seyegan Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Penelitian ini meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini anak kelompok B1 Tahun Ajaran 2018/2019 TK ABA Margomulyo III Seyegan Sleman Yogyakarta yang berjumlah 16 anak. Pada penelitian tindakan ini objek penelitiannya adalah meningkatkan kemandirian anak melalui kegiatan kolase pada kelompok B1. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian berupa analisa deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu minimal 85% dari 16 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebelum dilakukan tindakan kemandirian anak sebesar 18,75% dengan minimal kategori berkembang sesuai harapan (kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik). (2) pelaksanaan kegiatan kolase pada kelompok B1 TK ABA Margomulyo III Seyegan Sleman terbukti dapat meningkatkan kemandirian anak. Kemandirian anak berhasil meningkat dari kategori mulai berkembang menjadi berkembang sesuai harapan pada siklus I dan II. (3) peningkatan kemandirian anak kelompok B1 TK ABA Margomulyo III Seyegan dapat dibuktikan dengan hasil penilaian pada siklus I sebesar 75% (kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kemandirian anak, metode pemberian tugas, kolase.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 May 2019 13:59
Last Modified: 13 May 2019 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34997

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum