EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN BAHASA AL HAMASĀTU MUTASALSILAH (BISIK BERANTAI) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KEMAMPUAN KITĀBAH SISWA KELAS XI MA IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019

Shofura Mufidah Azmiya, NIM : 15420007 (2019) EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN BAHASA AL HAMASĀTU MUTASALSILAH (BISIK BERANTAI) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KEMAMPUAN KITĀBAH SISWA KELAS XI MA IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN BAHASA AL HAMASĀTU MUTASALSILAH (BISIK BERANTAI) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KEMAMPUAN KITĀBAH SISWA KELAS XI MA IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019)
15420007_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN BAHASA AL HAMASĀTU MUTASALSILAH (BISIK BERANTAI) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KEMAMPUAN KITĀBAH SISWA KELAS XI MA IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019)
15420007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Shofura Mufidah Azmiya. 15420007. Eksperimentasi Media Permainan Bahasa al-Hamasaatu Mutasalsilah (bisik berantai) dalam Meningkatkan Kemampuan Kitabah Kelas XI MA Ibnul Qoyyim Putri Sleman Yogyakarta T.A. 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran Bahasa Arab di MA Ibnul Qoyyim Putri Sleman. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan media permainan al-Hamasaatu Mutasalsilah (bisik berantai) dalam memberikan inovasi dalam pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pembelajaran kitabah Bahasa Arab dengan media permainan al-Hamasaatu Mutasalsilah (bisik berantai). 2) Mengetahui kemampuan kitabah siswa setelah diterapkannya media permainan al-Hamasaatu Mutasalsilah (bisik berantai), dan 3) Mengetahui efektivitias pembelajaran kosakata dengan media permainan bahasa al-Hamasaatu Mutasalsilah (bisik berantai). Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, yang dilaksanakan di MA Ibnul Qoyyim Putri Sleman Yogyakarta. Sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Dengan diterapkannya media permainan ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kitabah siswa. Obyek yang digunakan adalah kelas XI MIA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji independent samples t-test melalui SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Penerapan media al- Hamasaatu Mutasalsilah (bisik berantai) di kelas XI MIA diawali dengan guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok, kemudian guru memberikan kata dan kalimat kepada siswa di barisan paling belakang masing-masing kelompok. Kemudian siswa membisikkannya kepada teman yang berada di depannya. Barisan paling depan menulis apa yang dibisikkan oleh temannya. Begitu seterusnya sampai semua anggota mendapat giliran. 2) Kemampuan kitabah siswa setela menerapkan permainan al-Hamasaatu Mutasalsilah (bisik berantai) mengalami peningkatan yaitu dari 70,1 menjadi 78,9. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kitabah antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini berdasarkan pada analisis data melalui uji Independent Samples T Test dan menunjukkan nilai signifikanis 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka diterima. Dan hasil analisis semua data, media permainan bahasa Al-Hamasaatu Mutasalsilah (bisik berantai) efektif dalam pembelajaran kitabah siswa kelas XI MA Ibnul Qoyyim Putri Sleman TA 2018/2019

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, MM.,
Uncontrolled Keywords: Media, Permainan Bahasa, al-Hamasaatu Mutasalsilah (Bisik Berantai), Kitabah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 14:05
Last Modified: 23 Jan 2020 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35141

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum