PENGARUH PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII DI SMP N 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/ 2019

HUMAIDAH, NIM. 15410096 (2019) PENGARUH PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII DI SMP N 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/ 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII DI SMP N 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/ 2019)
15410096_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII DI SMP N 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/ 2019)
15410096_BAB-II_SAMPAI-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

HUMAIDAH. Pengaruh Program Ekstrakurikuler Tahfiz Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VII Di SMP N 8 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. SKRIPSI. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa Alquran diturunkan oleh Allah di tengah bangsa Arab yang pada waktu itu kebanyakan masih buta huruf. Atas permasalahan tersebut Nabi Muhammad saw. menganjurkan dan memerintahkan untuk menghafal ayat-ayat Alquran setiap kali diturunkan dan memerintahkan para ahli untuk menulisnya. Salah satu syarat bagi penghafal Alquran adalah istiqomah yaitu konsisten atau disiplin. Dari syarat itulah kemudian memunculkan kedisiplinan dengan cara pembiasaan, keteladanan dan pembinaan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh program ekstrakurikuler tahfiz terhadap kedisiplinan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh positif program ekstrakurikuler tahfiz terhadap kedisiplinan siswa kelas VII di SMP N 8 Yogyakarta tahun ajaran 2018/ 2019, berapa besar sumbangan (kontribusi) pengaruh program ekstrakurikuler tahfiz terhadap kedisiplinan siswa kelas VII di SMP N 8 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh positif serta berapa sumbangan (kontribusi) program ekstrakurikuler tahfiz terhadap kedisiplinan siswa kelas VII di SMP N 8 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunkakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik penentuan sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi berjumlah 142 diperoleh sampel sebanyak 57 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif program ekstrakurikuler tahfiz terhadap kedisiplinan siswa kelas VII di SMP N 8 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. 2) Program ekstrakurikuler tahfiz memiliki sumbangan pengaruh sebesar 0,567 (56,7%) terhadap kedisiplinan siswa kelas VII di SMP N 8 Yogyakarta. Adapun sisanya 43,3% dijelaskan dengan faktor lain atau variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Program Ekstrakurikuler Tahfiz, Kedisiplinan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Jan 2020 09:14
Last Modified: 28 Jan 2020 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35160

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum