PENGARUH PRINSIP-PRINSIP PENGELOLAAN KELAS DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DAN IPS MAN 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SASKIA CHANDRA BELLADINA, NIM. 13490005 (2018) PENGARUH PRINSIP-PRINSIP PENGELOLAAN KELAS DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DAN IPS MAN 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PRINSIP-PRINSIP PENGELOLAAN KELAS DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DAN IPS MAN 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2018/2019)
13490005_BAB-I_V-atau_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PRINSIP-PRINSIP PENGELOLAAN KELAS DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DAN IPS MAN 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2018/2019)
13490005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah konsentrasi belajar merupakan hal penting bagi siswa agar mampu memahami materi pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. Konsentrasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah lingkungan, lingkungan ini terdiri dari sarana yang ada dan pengelolaan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh prinsip-prinsip pengelolaan kelas dan sarana prasarana terhadap konsentrasi belajar siswa kelas XI MAN 3 Bantul tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Bantul tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 100 siswa yang terdiri dari kelas X1 IPA, IPS dan Agama dengan jumlah sampel sebanyak 80 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas.. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan prinsip-prinsip pengelolaan kelas terhadap konsentrasi belajar siswa MAN 3 Bantul dengan besar pengaruh 72.4%. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan sarana prasarana terhadap konsentrasi belajar siswa MAN 3 Bantul dengan besar pengaruh 77.8%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama prinsip-prinsip pengelolaan kelas dan sarana prasarana terhadap konsentrasi belajar siswa kelas XI MAN 3 Bantul dengan besar pengaruh 82.2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ichsan, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Prinsip-Prinsip Pengelolaan Kelas, Sarana Prasarana, Konsentrasi Belajar Siswa
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Jun 2019 10:27
Last Modified: 28 Jun 2019 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35318

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum