MANAJEMEN MUJAHADAH DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU RELIGIUS SANTRI PONDOK PESANTREN KRAPYAK KOMPLEK AL-KANDIYAS BANTUL YOGYAKARTA

JEJEN NURDIANSYAH, NIM. 14490097 (2019) MANAJEMEN MUJAHADAH DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU RELIGIUS SANTRI PONDOK PESANTREN KRAPYAK KOMPLEK AL-KANDIYAS BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN MUJAHADAH DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU RELIGIUS SANTRI PONDOK PESANTREN KRAPYAK KOMPLEK AL-KANDIYAS BANTUL YOGYAKARTA)
14490097_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN MUJAHADAH DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU RELIGIUS SANTRI PONDOK PESANTREN KRAPYAK KOMPLEK AL-KANDIYAS BANTUL YOGYAKARTA)
14490097_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

makhluk religius yang memiliki fitrah untuk memahami dan menerima nilainilai kebenaran yang bersumber dari agama, serta sekaligus menjadikan kebenaran agama sebagai rujukan dari sikap dan perilakunya. Selain itu manusia merupakan makhluk sosial yang mana diantara satu dengan yang lainnya saling membutuhkan untuk keberlangsungan hidupnya. Sesuai latar belakang tersebut, masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen mujahadah, bagaimana perilaku religius santri dan pengembangan perilaku religius santri melalui kegiatan mujahadah Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menganalisis dan mengolah data yang telah didapat dilapangan mulai dari transkip sampai dengan interpretasi data. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Krapyak Komplek Al-Kandiyas Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian ini dapat dirangkum manajemen Mujahadah di pondok pesantren krapyak adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan mujahadah. Perilaku religius santri antara lain shalat tepat waktu, sopan dan santun dalam berperilaku dan bersikap, berpikir positif dan rendah hati. Pengembangan perilaku religius santri melalui kegiatan mujahadah ini karena ada amalan-amalan yang diajarkan dan dibiasakan dalam kehidupan sehari hari santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto., M.SI
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Mujahadah, Perilaku Religius
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Jun 2019 11:04
Last Modified: 28 Jun 2019 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35322

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum