IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN OUTPUT/ LULUSAN SISWA DI MA MATHLAUL ANWAR KEPUH SERANG BANTEN

MOHAMMAD FARKHAN, NIM. 15490101 (2019) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN OUTPUT/ LULUSAN SISWA DI MA MATHLAUL ANWAR KEPUH SERANG BANTEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN OUTPUT/ LULUSAN SISWA DI MA MATHLAUL ANWAR KEPUH SERANG BANTEN)
1590101_BAB I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN OUTPUT/ LULUSAN SISWA DI MA MATHLAUL ANWAR KEPUH SERANG BANTEN)
1590101_BAB II_III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (571kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan pendidikan di madrasah yang telah menerapkan manajemen berbasis madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen berbasis madrasah, yang meliputi manajemen kurikulum, manajemen manajemen peserta didik, manajemen tenaga pendidik dan kependidikan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan, dan manajemen hubungan masyarakat dalam peningkatan kualitas output/lulusan siswa secara akademik ataupun non akademik di MA Mathlaul Anwar Kepuh Serang Banten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunujukan: (1) Kurikulum yang diterapkan di MA Mathlaul Anwar disusun dan disesuaikan setiap tahun oleh madrasah. Selain itu dalam penyusunan kurikulum MA Mathlaul Anwar mengacu pada peningkatan keimanan dan ketakwaan yang dilakukan dengan mengisi mata pelajaran seperti Al-Qur’an Hadis, Fiqih, Akidah Akhlak dan SKI. (2) Manajemen peserta didik di MA Mathlaul Anwar dalam pelaksanaanya tidak hanya dilakukan oleh wakil kesiswaan namun dilakukan oleh semua guru MA Mathlaul Anwar Kepuh. (3) Kepala madrasah memiliki otonomi yang luas terhadap evaluasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di MA Mathlaul Anwar Kepuh, seperti setiap guru diwajibkan membuat buku laporan yang dilaporkan kepada kepala madrasah setiap bulan. (4) Sarana dan prasarana di MA Mathlaul Anwar sepenuhnya dikelola oleh Madrasah. (5) Sumber pendanaan di MA Mathlaul Anwar tidak hanya dari Bantuan Operasional Sekolah namun juga melibatkan masyarakat (wali murid) MA Mathlaul Anwar (6) MA Mathlaul Anwar menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat setempat melalui berbagai bentuk kegiatan seperti, membentuk majelis masyarakat dan mengadakan gebyar MA yang dilakukan setiap tahun. (7) Manajemen berbasis madrasah yang diterapkan di MA Mathlaul Anwar mampu meningkatkan kualitas siswa salah satunya prestasi non akademik siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya kejuaran perlombaan yang diraih oleh MA Mathlaul Anwar Kepuh Serang Banten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Miftahus Sa’adah, S.Pd, M. Ed.,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Manajemen Berbasis Madrasah, Madrasah, dan Output/lulusan.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Jun 2019 14:05
Last Modified: 28 Jun 2019 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35329

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum