PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA SAINS SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG KELAS V SD/MI SEMESTER I

SHOFA RAHAYU, NIM. 12480046 (2019) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA SAINS SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG KELAS V SD/MI SEMESTER I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA SAINS SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG KELAS V SD/MI SEMESTER I)
12480046_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA SAINS SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG KELAS V SD/MI SEMESTER I)
12480046_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang pengembangan ensiklopedia sains ini adalah ditemukannya fakta di lapangan berkaitan dengan berlakunya dua kurikulum di Indonesia, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 yang tentunya memiliki karakteristik masing-masing, termasuk karakteristik buku teks pelajaran dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu, masih adanya USBN dalam bentuk mata pelajaran sebagai pengukur pencapaian kompetensi yang menyulitkan bagi peserta didik di sekolah dengan basis Kurikulum 2013. Selain itu masih adanya USBN sebagai pengukur ketercapaian kompetensi peserta didik yang memberatkan bagi pengguna kedua kurikulum yang berlaku tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk ensiklopedia sains yang sesuai dengan KTSP dan Kurikulum 2013 dan mengetahui kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa serta mengetahui respon peserta didik terhadap ensiklopedia sains yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development atau penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang melalui tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, penghitungan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Produk ensiklopedia sains yang dikembangkan dinyatakan layak sebagai bahan ajar pendukung untuk kelas V SD/MI semester I berdasarkan penilaian Baik (B) dari ahli materi, Sangat Baik (SB) dari ahli media, dan Baik (B) dari ahli bahasa. Ensiklopedia sains ini juga mendapat respon positif dari 10 peserta didik SD/MI kelas V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Ensiklopedia Sains, Bahan Ajar Pendukung
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Jun 2019 15:32
Last Modified: 28 Jun 2019 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35333

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum