PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL

Mum Faizatur Rohmah, NIM. 14480054 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL)
14480054_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL)
14480054_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap minat belajar siswa kelas V di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul; 2). Pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa kelas V di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul; 3). Pengaruh penggunaan smartphone dan lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa kelas V di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif desain Ex post facto. Variabel bebasnya adalah penggunaan smartphone dan lingkungan belajar, sedangkan variabel terikatnya adalah minat belajar siswa. Populasi penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas V di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas V di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul yang berjumlah 71 siswa. Salah satu alasan mengapa pemilihan SDIT Salsabila 3 Banguntapan karena sesuai dengan hasil observasi bahwa masih ada siswa yang minat belajarnya rendah, prestasi sekolah yang cukup bagus dan pernyataan dari wali kelas V yang menyatakan bahwa minat belajar siswa yang beragam. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hipotesis yang meliputi analisis deskripsi, analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Terdapat pengaruh penggunaan smartphone terhadap minat belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,007 < 0,05 yang artinya Ha diterima dengan R Square sebesar 10,1%; 2). Terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,001 < 0,05 yang artinya Ha diterima dengan R Square sebesar 13,8%; 3). Terdapat pengaruh penggunaan smartphone dan lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,004 < 0,05 dan 0,001 < 0,05 yang artinya Ha diterima dengan R Square sebesar 23,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ichsan, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penggunaan Smartphone, Lingkungan Belajar, dan Minat Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Jun 2019 16:11
Last Modified: 28 Jun 2019 16:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35337

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum