STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DENGAN TIPE CARD SORT TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB KELAS VII MTs NEGERI 6 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

IMAMATUL ISLAMIYAH, NIM : 15420020 (2019) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DENGAN TIPE CARD SORT TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB KELAS VII MTs NEGERI 6 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
15420020_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text
15420020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Imamatul Islamiyah, 15420020 “Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dengan Tipe Card Sort Terhadap Kemampuan Menghafal Kosakata Bahasa Arab Kelas VII MTs Negeri 6 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019’’. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab antara menggunakan tipe scramble dengan tipe card sort di MTs Negeri 6 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen dengan jenis komparatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan observasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 6 Sleman. Kemudian diambil sampel menggunakan dua kelas, kelompok eksperimen I yang menggunakan tipe scramble yaitu kelas VII C dan kelompok eksperimen II yang menggunakan tipe card sort yaitu kelas VII E. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab siswa kelompok eksperimen I tipe scramble dengan kelompok eksperimen II tipe card sort. Perbedaan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen I sebesar 77,18 sedangkan kelompok eksperimen II memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 85,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas yang menggunakan tipe card sort dengan kelas yang menggunakan tipe scramble mempunyai perbedaan yang signifikan, sehingga model pembelajaran card sort dapat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, M.M,
Uncontrolled Keywords: Tipe Scramble, Tipe Card Sort, Kosakata, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 14:13
Last Modified: 14 Feb 2020 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35459

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum