PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN LINDUNG NILAI (Studi Pada Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di ISSI Tahun 2013-2017)

LARAS DWI ASTUTI, NIM. 15830031 (2019) PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN LINDUNG NILAI (Studi Pada Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di ISSI Tahun 2013-2017). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN LINDUNG NILAI (Studi Pada Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di ISSI Tahun 2013-2017))
15830031_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN LINDUNG NILAI (Studi Pada Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di ISSI Tahun 2013-2017))
15830031_BAB-II_SD_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Transaksi keuangan dengan mata uang asing memiliki tantangan dan hambatan tersendiri. Salah satu risiko yang dihadapi adalah ketidakpastian nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, yang kemudian akan berpengaruh terhadap kondisi keuangan perusahaan seperti penurunan laba, penurunan harga saham dll. Perusahaan dapat meminimalisir risiko nilai tukar dengan menggunakan lindung nilai sebagai bentuk manajemen risiko keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis probabilitas pengaruh variabel tingkat suku bunga, ukuran perusahaan, likuiditas, profitabilitas, dan leverage terhadap keputusan penggunaan lindung nilai pada perusahaan jasa yang terdaftar di Indeks Sahan Syariah Indonesia periode 2013-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan jasa di ISSI, sedangkan untuk sampelnya adalah 35 perusahaan jasa di ISSI yang telah lolos purposive sampling. Teknik analisis yang dipakai yaitu analisis regresi logistik dengan periode penelitian 2013-2017. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tingkat suku bunga dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap keputusan lindung nilai, variabel likuiditas berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan lindung nilai, variabel profitabilitas, dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan lindung nilai. Secara umum 63,43% variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen serta 36,57% sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci: Lindung Nilai, Nilai Tukar Rupiah, Tingkat Suku Bunga, Likuiditas, Profitabilitas, Leverage.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhfiatun, S.E.I., M.E.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Lindung Nilai, Nilai Tukar Rupiah, Tingkat Suku Bunga, Likuiditas, Profitabilitas, Leverage.
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Feb 2020 08:48
Last Modified: 18 Feb 2020 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35521

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum