PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2011-2017)

AINUR RAHMAN, NIM :15840071 (2019) PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2011-2017). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2011-2017))
15840071_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2011-2017))
15840071_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari konservatisme akuntansi dan manajemen laba terhadap kualitas laba dengan menggunakan struktur modal sebagai variabel kontrol. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2011-2017 dengan menggunakan teknik pemilihan sampel purposive sampling. Prinsip konservatisme akuntansi diterapkan oleh perusahaan atas dasar kehati-hatian pihak manajemen dari melebih-lebihkan nilai dari laporan keuangan, sedangkan manajemen laba dilakukan untuk menyesatkan pihak eksternal melalui laporan keuangan. Dari hasil pemilihan sampel terdapat 14 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian ini. Variabel dependen (kualitas laba) diukur dengan menggunakan rasio arus kas dari hasil operasi dibagi dengan laba bersih, sedangkan pengukuran manajemen laba menggunakan model Modified Jones, dan konservatisme akuntansi diukur dengan menggunakan Market to Ratio. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel menggunakan Eviews 9. Hasil dari analisis data dalam penelitian ini diketahui bahwa perusahaan manufaktur yang menerapkan prinsip konservatisme akuntansi akan menurunkan kualitas laba, namun perusahaan yang melakukan manajemen laba akan menaikkan kualitas laba. Kata kunci: konservatisme akuntansi, manajemen laba, kualitas laba, struktur modal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SOFYAN HADINATA, S.E., M.SC., Ak., CA.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: konservatisme akuntansi, manajemen laba, kualitas laba, struktur modal.
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jul 2019 13:26
Last Modified: 08 Jul 2019 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35554

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum