PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS XI IPA PUTRI MA ASSALAFIYYAH SLEMAN

NABILAH ‘ISHMATUNNI’MAH, NIM. 14680031 (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS XI IPA PUTRI MA ASSALAFIYYAH SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS XI IPA PUTRI MA ASSALAFIYYAH SLEMAN)
14680031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS XI IPA PUTRI MA ASSALAFIYYAH SLEMAN)
14680031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan metode pembelajaran Gallery of Learning dapat meningkatkan motivasi belajar biologi siswa, 2) penerapan metode pembelajaran Gallery of Learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa, 3) banyaknya siklus yang dibutuhkan dalam penerapan metode pembelajaran Gallery of Learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan dua siklus, siklus I menggunakan metode pembelajaran ceramah dan siklus II menggunakan metode pembelajaran Gallery of Learning. Data penelitian ini diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket motivasi siswa, lembar soal pretest dan posttest, dokumentasi foto, serta catatan lapangan. Data dianalisis secara kualitatif dengan metode deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan Effect Size d Cohen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Gallery of Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar dapat diketahui melalui persentase hasil lembar angket pada setiap siklus, yaitu siklus I sebesar 74,68% dan siklus II sebesar 78,62%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil pretest dan posttest pada siklus I yaitu sebesar 52,63 dan 74,68 serta siklus II yaitu sebesar 55,11 dan 82,84 sehingga diperoleh effect size sebesar 0,61 (efek sedang). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Gallery of Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi di kelas XI IPA putri MA Assalafiyyah Sleman yang dilaksanakan melalui dua siklus tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Utami, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran Gallery of Learning, motivasi, hasil belajar
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:55
Last Modified: 02 Mar 2020 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35799

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum