PERANCANGAN SOFTWARE HUMAN RELIABILITY DENGAN METODE HEART

Arief Nugroho, NIM. 11660008 (2019) PERANCANGAN SOFTWARE HUMAN RELIABILITY DENGAN METODE HEART. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERANCANGAN SOFTWARE HUMAN RELIABILITY DENGAN METODE HEART)
11660008_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERANCANGAN SOFTWARE HUMAN RELIABILITY DENGAN METODE HEART)
11660008_BAB II S.D._SEBELUM-BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Istilah “Ergonomi” berasal dari bahasa Latin, yaitu Ergon (kerja) dan Nomos (hukum), sehingga ergonomi dapat didefenisikan sebagai studi tentang aspekaspek manusia dalam lingkungan kerjanya yang ditinjau secara anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen, dan desain/perancangan. Salah satu bidang ilmu dalam ergonomi yang membicarakan tentang berbagai macam tentang manusia disebut human factor. Human factor terfokus pada aspek manusia serta interaksinya dengan produk, peralatan fasilitas yang digunakan, prosedur pekerjaan, dan lingkungan dimana kegiatan tersebut dilakukan. Human error merupakan salah satu topik didalam pembahasan human factor. Banyak trageditragedi besar didunia yang disebabkan oleh human error. Sehingga para peneliti mencoba mengembangkan metode untuk dapat menanggulanginya. Salah satunya, pada tahun 1985, Jeremy .C Williams memperkenalkan metode HEART (Human Error Assesment and Reduction Technique) untuk pertama kali di Central Electricity Generating Board. HEART merupakan salah satu metode kuantifikasi human error. HEART dirancang sebagai metode kuantifikasi resiko human error yang cepat, sederhana dan mudah dipahami oleh engineers dan human factors specialists. HEART merupakan metode yang umum yang dapat diaplikasikan di segala situasi atau industri dimana human reliability dianggap penting. Pada penelitian ini dirancang sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk dapat mengidentifikasi HEP (Human Error Probability) seorang pengguna. Selain itu, rancangan SPK pada penelitian ini memperhatikan desain user interface yang baik dengan menerapkan prisip Eight Golden Rules of Interface Design.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Tutik Farihah, S.T., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Ergonomi, Human Factor, Human Error, HEART (Human Error Assesment and Reduction Technique), Sistem Pendukung Keputusan (SPK), HEP (Human Error Probability), Eight Golden Rules of Interface Design.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:56
Last Modified: 02 Mar 2020 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35807

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum