PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PIPA PITOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA/MA KELAS XI PADA SUB MATERI FLUIDA DINAMIS

Ahmad Saiful Muttaqin, NIM. 13690054 (2019) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PIPA PITOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA/MA KELAS XI PADA SUB MATERI FLUIDA DINAMIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PIPA PITOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA/MA KELAS XI PADA SUB MATERI FLUIDA DINAMIS)
13690054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PIPA PITOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA/MA KELAS XI PADA SUB MATERI FLUIDA DINAMIS)
13690054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

sebagai media pembelajaran fisika SMA/MA kelas XI pada sub materi fluida dinamis, 2) mengetahui kualitas alat peraga pipa Pitot sebagai media pembelajaran fisika SMA/MA kelas XI pada sub materi fluida dinamis, 3) mengetahui respon peserta didik dan keterlaksanaan alat peraga pipa Pitot sebagai media pembelajaran fisika SMA/MA pada sub materi fluida dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan mengadaptasi prosedur pengembangan menurut Borg dan Gall yang dapat disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menjadi 5 langkah yaitu 1) analisis produk, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi dan revisi, 4) uji coba terbatas dan revisi, 5) uji coba luas dan produk akhir. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas untuk ahli media, ahli materi, dan guru fisika SMA/MA menggunakan skala Likert bentuk checklist. Instrumen untuk peserta didik berupa lembar respon peserta didik menggunakan skala Guttman dalam bentuk cheklist. Instrumen keterlaksanaan produk berupa lembar observasi dalam bentuk deskriptif. Data hasil penilaian diubah menjadi rerata skor kemudian dibandingkan dengan tabel kriteria kualitatif penilaian produk dan respon peserta didik. Hasil penelitian ini berupa alat peraga pipa Pitot sebagai media pembelajaran fisika SMA/MA kelas XI pada sub materi fluida dinamis. Kualitas alat peraga pipa Pitot berdasarkan penilaian ahi media, ahli materi, serta guru mata pelajaran fisika adalah “Sangat Baik” (SB) dengan rata-rata skor secara berurutan sebesar 3,50; 3,53; dan 3,96. Adapun respon peserta didik terhadap alat peraga pipa Pitot adalah “Setuju” (S) dengan skor rata-rata 0,95. Sedangkan hambatan keterlaksanaan alat peraga yaitu peserta didik kurang bekerja sama karena ingin mencoba alat sendiri-sendiri. Hasil peneliitian ini menunjukkan bahwa alat peraga yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran bagi pesera didik kelas XI SMA/MA. Kata kunci : Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Alat Peraga, Fluida Dinamis, Pipa Pitot.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Nur Untoro, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Alat Peraga, Fluida Dinamis, Pipa Pitot.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:37
Last Modified: 04 Mar 2020 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35890

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum