PENERAPAN ALGORITMA HARMONY SEARCH PADA PENJADWALAN MATA KULIAH (STUDI KASUS: PENJADWALAN DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

Shelly Sholatan Kamilah, NIM. 15610020 (2019) PENERAPAN ALGORITMA HARMONY SEARCH PADA PENJADWALAN MATA KULIAH (STUDI KASUS: PENJADWALAN DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN ALGORITMA HARMONY SEARCH PADA PENJADWALAN MATA KULIAH (STUDI KASUS: PENJADWALAN DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
15610020_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN ALGORITMA HARMONY SEARCH PADA PENJADWALAN MATA KULIAH (STUDI KASUS: PENJADWALAN DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
15610020_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Algoritma Harmony Search adalah algoritma metaheuristik baru yang ditemukan oleh Geem, dkk pada tahun 2001. Berasal dari fenomena perilaku para musisi ketika mereka memainkan instrumen musik. Penentuan solusi awal Algoritma Harmony Search menggunakan metode bebas. Pada penelitian ini solusi awal dibangun menggunakan pewarnaan simpul Algoritma Welch-Powell. Algoritma Welch-Powell merupakan salah satu algoritma pewarnaan simpul graf berdasarkan derajat simpul terbesar. Algoritma Harmony Search telah diterapkan pada berbagai bidang di antaranya yaitu masalah penjadwalan mata kuliah. Masalah penjadwalan mata kuliah memiliki constraint yang berbeda-beda tiap intansi. Pada penelitian ini penulis akan membahas penerapan Algoritma Harmony Search pada penjadwalan mata kuliah di Program Studi Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan membandingkan hasilnya dengan jadwal yang dibuat menggunakan aplikasi ASC Timetable. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah Algoritma Welch-Powell, menerapkan Algoritma Harmony Search pada penjadwalan mata kuliah, dan membandingkan jadwal yang terbentuk. Hasil dari penelitian ini yaitu Algoritma Welch-Powell membangun 3 solusi awal.⁡Algoritma Harmony Search membuat satu jadwal optimal yaitu vektor solusi ke-2 dalam harmony memory dengan nilai fitness sama dengan 0. ASC Timetable lebih optimal dalam pendistribusian mata kuliah, sementara Algoritma Harmony Search lebih optimal dalam pengalokasian ruangan. Kata kunci: Algoritma Harmony Search, Algoritma Welch-Powell, pewarnaan graf, dan penjadwalan mata kuliah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Muchammad Abrori, S.Si., M.Kom.,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Algoritma Harmony Search, Algoritma Welch-Powell, pewarnaan graf, dan penjadwalan mata kuliah.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2020 11:33
Last Modified: 04 Mar 2020 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35933

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum