MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK ANAK DISLEKSIA (ANALYSIS FILM TAARE ZAMEEN PAR)

SAFIRA AYUNINGTYAS, NIM,: 14490101 (2019) MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK ANAK DISLEKSIA (ANALYSIS FILM TAARE ZAMEEN PAR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK ANAK DISLEKSIA (ANALYSIS FILM TAARE ZAMEEN PAR))
14490101_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK ANAK DISLEKSIA (ANALYSIS FILM TAARE ZAMEEN PAR))
14490101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Safira Ayuningtyas. Manajemen Pendidikan Inklusif Untuk Anak Disleksia (Analysis Film Taare Zameen Par). Skripsi. Yogyakarta Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2019. Manajemen merupakan suatu proses yang terdiri atas tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya. Pendidikan inklusif bermakna sebagai konsep pendidikan yang mempresentasikan keseluruhan aspek berkaitan dengan keterbukaan dalam menerima anak berkebutuhan khusus untuk memperoleh hak sebagai warga negara. Pendidikan inklusif wajib disamaratakan dengan pendidikan lainnya. Berhubungan dengan manajemen pendidikan inklusif untuk anak disleksia, film India yang berjudul “Taare Zameen Par” menceritakan kisah terkait pendidikan inklusif untuk anak dengan disleksia. Jika dikaitkan dengan manejemen pendidikan inklusif, perlu dilakukan penelitian bagaimana peran manajemen pendidikan inklusif dalam menangani anak dengan disleksia. Pada permasalahan yang dikaji mengenai, bagaimana cara mengidentifikasi dan menilai disleksia di kelas dalam film Taare Zameen Par?, bagaimana fungsi manajemen untuk menerapkan pendidikan inklusif dalam film Taare Zameen Par? Dan bagaimana implementasi pendidikan inklusif dalam film Taare Zameen Par? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengidentifikasi dan menilai anak disleksia di kelas dalam film Taare Zameen Par, mengetahui fungsi manajemen untuk menerapkan pendidikan inklusif dalam film Taare Zameen Par dan mengetahui implementasi pendidikan inklusif dalam film Taare Zameen Par. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan pendekatan semiotika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi dengan sumber data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Dengan mengambil obyek kajian film Taare Zameen Par, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotik sosial yaitu teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menelaah sistem tanda yang dihasilkan oleh manusia yang berwujud lambang. Baik lambang berwujud kata maupun lambang berwujud kata dalam satuan yang disebut kalimat. Dengan kata lain semiotik sosial menelaah sistem tanda yang terdapat dalam bahasa. Berdasarkan analisis data, dihasilkan bahwa: (1) Cara mengidentifikasi dan menilai siswa disleksia di kelas dalam film Taare Zameen Par adalah dengan mempertimbangkan tiga aspek yaitu, kesulitan, ketidaksesuaian dan perbedaan yang dialami siswa di kelas, (2) Fungsi manajemen untuk menerapkan pendidikan inklusif dalam film Taare Zameen Par yaitu sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dalam hal pendidikan inklusif guna tercipta penerapan pendidikan inklusif yang baik untuk Ishaan dan (3) Implementasi pendidikan inklusif dalam film Taare Zameen Par berjalan dengan baik karena memenuhi beberapa hal pokok yang menjadi landasan atau prinsip dasar pendidikan inklusif menurut Dr. M. Agus Nuryatno.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Edy Yusuf Nur SS, MM,M,SI
Uncontrolled Keywords: Disleksia, Fungsi Manajemen, Pendidikan Inklusif
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Mar 2020 07:46
Last Modified: 06 Mar 2020 07:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35995

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum