MANAJEMEN PENGEMBANGAN SDM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA PADA BIDANG PELESTARIAN DAN LAYANAN ARSIP DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (DPAD) DIY

SITI UMAYAH, NIM: 15490033 (2019) MANAJEMEN PENGEMBANGAN SDM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA PADA BIDANG PELESTARIAN DAN LAYANAN ARSIP DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (DPAD) DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SDM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA PADA BIDANG PELESTARIAN DAN LAYANAN ARSIP DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (DPAD) DIY)
15490033_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SDM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA PADA BIDANG PELESTARIAN DAN LAYANAN ARSIP DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (DPAD) DIY)
15490033_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Siti Umayah. Manajemen Pengembangan SDM dalam Meningkatkan Pelayanan Prima pada Bidang Pelestarian dan Layanan Arsip di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Yogyakarta. 2019. Latar belakang penelitian ini berawal dari kegelisahan peneliti terhadap kurangnya kompetensi pegawai khususnya di Bidang Pelestarian dan Layanan Arsip dalam melayani pengunjung. Perlu adanya metode pengembangan SDM agar para pegawai mampu meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat. Program pengembangan tersebut juga sesuai dengan UU ASN yang mengatakan bahwa setiap pegawai wajib mengikui JPL 20 jam setiap tahunnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pengembangan SDM yang dilakukan di DPAD DIY. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi parsitipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah Kasubag Umum DPAD DIY, pengadministrasian kepegawaian DPAD DIY, petugas layanan arsip, dan arsiparis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) manajemen pengembangan SDM di DPAD meliputi analisis kebutuhan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengembangan SDM di DPAD diatur oleh BKD, sedangkan DPAD bertugas sebagai pengirim peserta. 2) upaya pelayanan prima pada Bidang Pelestarian dan Layanan Arsip dilakukan dengan cara inovasi layanan arsip, sosialisai pada setiap rapat, dan mengikuti diklat. 3) manajemen pengembangan SDM dalam meningkatkan pelayanan prima dilakukan dengan mengirimkan pegawai untuk mengikuti pelatihan Bahasa Inggris. Hal ini dilakukan karena ada sebagian WNA yang menjadi pengunjung di DPAD DIY. Adapun manajemennya sama dengan pengembangan SDM pada umumnya, yaitu analisis kebutuhan, pelaksanaan pelatihan Bahasa Inggris, dan evaluasi. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 minggu. DPAD DIY mengirimkan 3 pegawai untuk menjadi peserta di kegiatan tersebut. 4) hasil dari peningkatan pelayanan prima yaitu pegawai merasa lebih percaya diri ketika melayani tamu WNA serta mampu lebih komunikatif dalam berbahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Subiyantoro, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan SDM, Standar Pelayanan, Pelayanan Prima
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Mar 2020 07:47
Last Modified: 06 Mar 2020 07:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35999

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum