PERAN ORGANISASI ROHIS DAN ROHKRIS DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DI SMAN 3 YOGYAKARTA

ATIKA ROFIQATUL MAULA, NIM: 15490099 (2019) PERAN ORGANISASI ROHIS DAN ROHKRIS DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DI SMAN 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORGANISASI ROHIS DAN ROHKRIS DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DI SMAN 3 YOGYAKARTA)
15490099_BAB 1_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORGANISASI ROHIS DAN ROHKRIS DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DI SMAN 3 YOGYAKARTA)
15490099_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Atika Rofiqatul Maula, Peran Organisasi ROHIS dan ROHKRIS dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Beragama di SMAN 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap konflik intoleransi antar agama yang sering kali terjadi di berbagai daerah bahkan negara. Sehingga peneliti tertarik terhadap peran dari organisasi kerohanian dalam meningkatkan dan melestarikan sikap toleransi beragama di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang peran dari organisasi Kerohanian Islam (ROHIS) dan Kerohanian Kristen (ROHKRIS) serta sikap toleransi beragama yang diterapkan oleh organisasi ROHIS dan ROHKRIS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMAN 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam kepada pembina dan pengurus organisasi ROHIS dan ROHKRIS dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Selanjutnya pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Organisasi kerohanian yaitu SKI, PSKP dan KPK memiliki peran sebagai fasilitator siswa dalam memperdalam keimanan dan menerapkan nilai-nilai keagamaan serta sikap toleransi beragama antar siswa. (2) Sikap toleransi yang diinisiasi oleh SKI, PSKP dan KPK ialah: (a) Sadar terhadap keberagamaan, (b) Memperkuat spiritualitas dan keimanan, (c) Menghormati hak orang lain dan (d) Saling tolong-menolong dan bekerjasama. Adapun kerjasama antara organisasi SKI, PSKP dan KPK disebut dengan beyond the wall, yang dibuktikan dengan kerjasama dalam kegiatan bakti sosial, PSW dan kegiatan OSIS lainnya. (3) Faktor pendukung: (a) Muatan xix Kurikulum Sekolah (Mata Pelajaran Agama), (b) Kegiatan sekolah, (c) Keteladanan Pembina dan (d) Penerapan Budaya 3 S (Senyum, Salam dan Sapa). Faktor Penghambat: (a) Kurangnya tenaga pengajar atau pembina pada organisasi ROHKRIS dan (b) Kurangnya Antusiasme siswa untuk mengikuti kegiatan rutin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin, S,Pd,I. M,S,I
Uncontrolled Keywords: Peran Organisasi Kerohanian, Sikap Toleransi Beragama, SMAN 3 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Mar 2020 09:15
Last Modified: 09 Mar 2020 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36030

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum