PENGARUH PENERAPAN MEDIA PERMAINAN DENGAR DAN REBUT KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTs N 9 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019

Fatkhul Malik Ahfa, NIM: 12420080 (2019) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PERMAINAN DENGAR DAN REBUT KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTs N 9 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN MEDIA PERMAINAN DENGAR DAN REBUT KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTs N 9 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019)
12420080_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MEDIA PERMAINAN DENGAR DAN REBUT KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTs N 9 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019)
12420080_BAB II_S.D_BAB IV_SEBELUM TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Fatkhul Malik Ahfa. 2018. Pengaruh Penerpan Media Permainan dengar dan Rebut Kata terhadap Kemampuan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII MTs N 9 bantul Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Media Pembelajran sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar. Guna meningkatkan pengetahuan siswa, guru di tuntut mampu mengolah situasi pembelajaran yang menyenangkan dan menarik Siswa untuk bisa berparisipasi aktif dalam pembelajaran. Salah satu media yang mampu membangkitkan minat belajar dan partisipasi aktif siswa adalah media pembelajaran Permainan Denagar dan Rebut Kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Permainan Denagar dan Rebut Kata terhadap kemampuan menyimak siswa kelas VIII MTs N 9 Bantul. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental. Rancangan eksperimental digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 9 Bantul tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan menggunakan media Permainan Denagar dan Rebut Kata. Instrumen pengukuran penelitian yaitu intrumen hasil belajar pre-tes dan post-tes. Masing- masing intrumen terdiri dari 20 soal. Analisis data dilakukan dengan uji t. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen (menggunakan media Permainan Denagar dan Rebut Kata) lebih baik daripada kelas kontrol (menggunakan pembelajaran ceramah). Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 71,40 sedangkan kelas kontrol sebesar 64,68. Uji t juga menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol (thitung (2,987) > ttabel(2,042)) atau (signifikansi 0.004 < 0,05). Dari paparan data di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan hasil belajar Siswa yang menggunakan media Permainan Dengar dan Rebut Kata pada materi pokok Assa’ah. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu, media Permainan Dengar dan Rebut Kata baik digunakan untuk membelajarkan. Kata kunci: Permainan Dengar dan Rebut kata, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Permainan Dengar dan Rebut kata, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 13:04
Last Modified: 13 Mar 2020 13:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36216

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum