EKSPERIMENTASI METODE MIND MAP PADA PEMBELAJARAN NAHWU BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 3 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Endah, NIM: 13420043 (2019) EKSPERIMENTASI METODE MIND MAP PADA PEMBELAJARAN NAHWU BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 3 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE MIND MAP PADA PEMBELAJARAN NAHWU BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 3 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
13420043_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE MIND MAP PADA PEMBELAJARAN NAHWU BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 3 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
13420043_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ENDAH (13420043). Eksperimentasi Metode Mind Map Pada Pembelajaran Nahwu Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 3 Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui implementasi metode mind map pada pembelajaran nahwu bahasa Arab, (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian control group pretesposttest design. Untuk menguji hipotesis, peneliti melakukan uji-t melalui program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pene rapan metode mind map di kelas VIII A diawali dengan penjelasan pengertian mind map besereta contoh-contohnya, aturan dan langkah-langkah pembuatan mind map. Pada kegiatan inti siswa berkelompok membuat satu buah mind map terkait materi, masing-masing kelompok mengajukan perwakilan untuk menjelaskan mind map di depan kelas. Di akhir pembelajaran, guru merefleksi dan menyimpulkan materi. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar nahwu bahasa Arab menggunakan metode mind map dengan yang tidak menggunakan metode mind map. Hal tersebut terlihat pada uji “t” nilai pretest dan posttest kelas eksperimen menunjukkan nilai sig. (2-tailed) = 0.000 (Ha diterima). Peningkatan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 38.75 point, sedangkan kelas kontrol hanya mengalami peningkatan nilai rata-rata posttest sebesar 3.12 point. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa metode mind map dapat meningkatkan hasil belajar nahwu bahasa Arab. Kata Kunci: metode mind map, nahwu, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nasirudin, M.S.I., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: metode mind map, nahwu, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 13:04
Last Modified: 13 Mar 2020 13:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36218

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum