PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAMUS ONLINE AL-MA’ĀNY DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH PADA SISWA KELAS X MAN 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018 (Studi Eksperimen)

Aidah Fitriya, NIM: 14420049 (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAMUS ONLINE AL-MA’ĀNY DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH PADA SISWA KELAS X MAN 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018 (Studi Eksperimen). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAMUS ONLINE AL-MA’ĀNY DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH PADA SISWA KELAS X MAN 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018 (Studi Eksperimen))
14420049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAMUS ONLINE AL-MA’ĀNY DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH PADA SISWA KELAS X MAN 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018 (Studi Eksperimen))
14420049_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Aidah Fitriya,14420049. Pengaruh Media Pembelajaran Kamus Online Al- Ma’āny Dalam meningkatkan mahārah Al-Qirā’ah Pada Siswa Kelas X MAN 2 Sleman Tahun Ajaran 2017-2018 (Studi Eksperimen). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media kamus online Al-Ma’āny dan ada tidaknya perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan media kamus online Al-Ma’āny dengan yang tidak menggunakan media kamus online Al-Ma’āny terhadap mahārah Al-Qirā’ah pada siswa kelas X MAN 2 Sleman. Dengan demikian penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi peneliti bagi pengelola pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam pemebalajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya eksperimen (Eksperimental Research), Penelitian eksperimental research ini dilakukan dengan pemberian perlakuan (treatmen) kepada suatu kelas yang selanjutnya disebut dengan kelas eksperimen akan diperbandingkan dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan (treatmen) yang disebut dengan kelas kontrol. Adapun siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini 60 siswa, yang terdiri kelas X MIA I yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas X MIA II yang dijadikan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan onservasi, test dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis uji T dengan persyaratan analisis Uji Normalitas menggunakan Kolmogrof-Smirnov dan homogenitas. Hasil dari penelitian ini menunujukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran kamus online Al-Ma’āny dapat meningkatkan mahārah Al-Qirā’ah pada pembelajaran bahasa Arab siswa. Hal ini ditunjukkan dengan menggunakan bantuan SPSS 19. Hasil output menunjukkan bahwa pada Uji Independent Sample t-test nilai postest siswa kelas eksperimen didapat bahwa nilai sighnifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan dari analisis uji T nilai T hitung 5,148 > T tabel 2,045, maka H0 ditolak, artinya ada perbedaan dalam penggunaan media pembelajaran kamus online Al-Ma’āny terhadap pembelajaran mahārah Al- Qirā’ah siswa Keyword: Media Pembelajaran, Kamus Online Al-Ma’āny , mahārah Al-Qirā’ah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kamus Online Al-Ma’āny , mahārah Al-Qirā’ah.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 13:05
Last Modified: 13 Mar 2020 13:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36219

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum