PENERAPAN MEDIA MUSIK KONTEMPORER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA

Muhammad Iqbal Fauzi, NIM: 14420080 (2019) PENERAPAN MEDIA MUSIK KONTEMPORER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MEDIA MUSIK KONTEMPORER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA)
14420080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MEDIA MUSIK KONTEMPORER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA)
14420080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Iqbal Fauzi (14420080), "Penerapan Media Musik Kontemporer dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTS Negeri 1 Yogyakarta". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui motivasi siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri 1 Yogyakarta. (2) Mengetahui perbedaan motivasi belajar bahasa Arab antara siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah field research (penelitian lapangan). Objek penelitiannya adalah kelas VII A (kelas eksperimen) dan VII C (kelas kontrol). Hasil analis menunjukkan bahwa: (1) Para siswa memiliki motivasi yang baik dengan mayoritas siswa yang menyukai setrategi menyanyi yang diterapkan oleh guru. (2) Motivasi belajar siswa kelas VII MTs Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019 meningkat dengan adanya penerapan media musik kontrmporer. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data melalui uji-T. Hasil menunjukkan bahwa para siswa di kelas eksperimen semakin meningkat motivasi belajarnya dengan rata-rata nilai gain sebesar 3.89. Sedangkan para siswa di kelas kontrol mempunyai nilai motivasi belajar bahasa Arab yang menurun dengan rata-rata gain sebesar -0.89 yang menghasilkan nilai signifikansi 0.015 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini membuktikan bahwa penerapan treatment berupa media musik kontemporer sebagai pengiring setrategi menyanyi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas eksperimen di dalam pembelajaran bahasa Arab lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa kelas kontrol yang menerapkan setrategi menyanyi tanpa iringan media musik kontemporer. Kata Kunci : Media, Musik, Setrategi Menyanyi, Motivasi, Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A,
Uncontrolled Keywords: Media, Musik, Setrategi Menyanyi, Motivasi, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 13:05
Last Modified: 13 Mar 2020 13:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36220

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum