PENGEMBANGAN E-BOOK BAHASA ARAB DENGAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA SISWA KELAS XI KEAGAMAAN MAN 1 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Thoriq Zia Al Fariz, NIM: 15420017 (2019) PENGEMBANGAN E-BOOK BAHASA ARAB DENGAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA SISWA KELAS XI KEAGAMAAN MAN 1 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-BOOK BAHASA ARAB DENGAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA SISWA KELAS XI KEAGAMAAN MAN 1 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019)
15420017_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-BOOK BAHASA ARAB DENGAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA SISWA KELAS XI KEAGAMAAN MAN 1 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019)
15420017_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Thoriq Zia Al Fariz. Pengembangan E-Book Bahasa Arab dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada Siswa Kelas XI Keagamaan MAN 1 Sleman Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan e-book bahasa Arab dengan aplikasi kvisoft flipbook maker, (2) Mengetahui kualitas produk e-book bahasa Arab dengan aplikasi kvisoft flipbook maker berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan guru bahasa Arab, (3) Mengetahui respon siswa terhadap produk pengembangan e-book bahasa Arab dengan aplikasi kvisoft flipbook maker sebagai salah satu alternatif media pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi empat tahap yaitu: (1) Define (definisi), (2) Design (desain), Develop (pengembangan) dan (4) Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian 7 siswa pada uji coba lapangan terbatas serta 25 siswa pada uji coba lapangan luas. Produk e-book bahasa Arab dengan aplikasi kvisoft flipbook maker ini divalidasi oleh dosen ahli instrumen, dosen ahli media, dosen ahli materi dan guru bahasa Arab. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli media, satu ahli materi, satu guru bahasa Arab dan direspon total oleh 32 siswa. Instrumen yang digunakan para ahli dan guru bahasa Arab untuk penilaian produk berupa skala likert 4. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui respon siswa berupa lembar angket skala guttman yang terdiri dari dua aspek yaitu setuju dan tidak setuju. teknik analisa data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) E-book bahasa Arab dengan aplikasi kvisoft flipbook maker pada siswa kelas XI Keagamaan MAN 1 Sleman, (2) Kualitas e-book bahasa Arab yang dikembangkan termasuk kategori Sangat Baik (SB) dengan skor dari ahli media 3,93, ahli materi 3,87, dan guru bahasa Arab 3,81, (3) Respon siswa pada uji coba lapangan terbatas mempunyai skor keidealan 85,71% termasuk dalam kategori Setuju (S), sedangkan pada uji coba lapangan luas mempunyai skor keidealan 97,80% termasuk dalam kategori Setuju (S). Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, E-book Bahasa Arab, Kvisoft Flipbook Maker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, E-book Bahasa Arab, Kvisoft Flipbook Maker.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 13:06
Last Modified: 13 Mar 2020 13:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36225

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum